Bekraf Gandeng Loket Majukan Industri Kreatif Nasional

Merilis data Bekraf, nilai Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif pada tahun 2016 mencapai Rp922.59 triliun. Sementara itu, nilainya menyentuh angka Rp1.000 triliun pada tahun 2017, dan kembali meningkat menjadi Rp1.105 triliun pada tahun 2018. Tumbuhnya industri kreatif dalam beberapa waktu belakangan membuat Loket melakukan kolaborasi dengan Bekraf untuk mendukung pendistribusian tiket event kreatif di berbagai skala.

VP Marketing Loket, Ario Adimas, mengungkapkan bahwa sebagai salah satu pemain yang bergerak di industri manajemen teknologi event dengan fokus pada hiburan, yang merupakan bagian dari industri kreatif, dia melihat potensi di sektor ini masih sangat besar. “Keyakinan ini ditambah dengan hasil karya para pelaku kreatif yang semakin progresif," ujarnya.

Nantinya, seluruh penyelenggaraan event-event Bekraf di seluruh Indonesia akan didukung melalui penerapan Ticketing Management System (TMS). Kolaborasi ini akan memudahkan konsumen dalam mengakses tiket event-event Bekraf melalui Loket.com dam Gotix.

“Loket juga akan menyediakan landing page khusus yang merangkum semua event Bekraf. Ini mempermudah calon pengunjung dan juga pelaku kreatif berpartisipasi dalam event-event Bekraf mendatang,” kata Dimas.

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, mengatakan, kolaborasi ini akan dapat membuka kesempatan bagi para pelaku kreatif untuk menjangkau pasar yang lebih dengan promosi event yang dilakukan melalui online. “Ke depan kami turut mendorong teknologi ini untuk dapat digunakan bagi ekosistem ekonomi kreatif Indonesia,” kata dia menambahkan.

Kolaborasi strategis antara Bekraf dengan Loket tidak hanya untuk memberikan akses, tetapi juga membekali mereka dengan analisis tentang penyelenggaraan event. Analisis tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran secara menyeluruh yang membantu perencanaan sebuah event, misalnya melingkupi kesuksesan kegiatan, evaluasi, dominasi asal pengunjung, serta preferensi pengunjung terhadap jenis acara, termasuk waktu terbaik untuk menginformasikan masyarakat mengenai sebuah event.

“Hasil analisis ini dapat dimanfaatkan oleh Bekraf untuk menemukan potensi-potensi baru seperti misalnya selama kegiatan berlangsung terdapat salah satu subsektor yang banyak menarik perhatian pengunjung yang kemudian bisa menjadi suatu masukan yang mendorong perkembangan ekonomi kreatif ke depan,” jelas Dimas.

Sebagai langkah awal, Loket akan menjadi official partner management ticketing pada acara Bekraf Festival 2019 di Solo pada tanggal 4-6 Oktober 2019. Selain itu, LOKET juga membantu proses scanning pengunjung yang akan memasuki area acara serta manpower di lapangan untuk membantu mengatur jalannya kegiatan. Metode scanning ini juga lebih efisien karena pengunjung hanya perlu menunjukkan barcode di layar handphone tanpa perlu mencetak tiket dalam bentuk kertas print.

“Kami berharap kolaborasi ini merupakan langkah awal yang dapat membantu kemajuan ekonomi kreatif Indonesia, sehingga kemudian menjadi masa depan ekonomi yang menjanjikan,” ujar Dimas menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)