Belajar dari FrieslandCampina Menjaga Bisnis yang Berkelanjutan

Membangun bisnis hingga berusia ratusan tahun bukan perkara mudah. Apalagi bisa mempertahankan citra dan kinerjanya tetap positif. Belajar dari perusahaan yang berpengalaman ratusan tahun bisa menjadi bekal pelaku bisnis lain agar bisnisnya bisa tumbuh berkelanjutan. Salah satunya bisa belajar dari FrieslandCampina, salah satu produsen produk-produk berbasis susu terbesar di dunia yang tahun ini berusia 150 tahun.

FrieslandCampina hadir di Indonesia melalui afiliasinya PT Frisian Flag Indonesia (FFI) yang usianya juga memasuki seratus tahun. FFI telah menyediakan produk bernutrisi bagi konsumen di berbagai tahapan usia dan berpartisipasi aktif membangun keluarga yang kuat dan sehat.

“Apa yang telah dicapai FrieslandCampina selama 150 tahun adalah wujud keberhasilan kemitraan yang menjadi semangat perusahaan, Sejarah FrieslandCampina menunjukkan bahwa cikal bakal perusahaan dimulai dari keinginan peternak yang ingin meningkatkan perannya untuk memperkuat posisi pasar dan memastikan penjualan susu ternaknya,” ungkap Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro belum lama ini.

Ia menceritakan bahwa pada tahun 1871 para peternak di Belanda memutuskan untuk bergabung dalam koperasi peternak sapi perah lokal yang selanjutnya menjadi pemilik perusahaan produk berbasis susu terbesar dunia, FrieslandCampina.

Jadi FrieslandCampina sepenuhnya dimiliki oleh belasan ribu peternak sapi perah yang bernaung dalam sebuah koperasi, Zuivelcoöperatie FrieslandCampina U.A.. Koperasi ini beranggotakan 16.995 peternak sapi perah tersebar di Belanda, Belgia, dan Jerman.

Kerja keras, dedikasi, komitmen, mengasah kemampuan dan keahlian dalam mengelola seluruh rantai produksi serta menjamin kualitas produk merupakan kunci perusahaan bisa berumur hingga 150 tahun. Setiap tahapan ‘from grass to glass, mulai dari susu diperah (dari sapi-sapi terbaik), diproduksi di pabrik, hingga distribusinya,dikelola dengan seksama secara mandiri dan dikontrol ketat untuk memastikan konsumen mendapatkan produk-produk berkualitas terbaik.

“Tumbuh bersama adalah warisan para pendiri dan kini menjadi identitas dan semangat FrieslandCampina. Anggota koperasi bekerja sama dengan perusahaan untuk menghadirkan produk-produk yang menghadirkan kebaikan susu bagi jutaan konsumen di seluruh dunia,” tambah Andrew.

Untuk diketahui FrieslandCampina telah mengekspor produk-produknya ke lebih dari seratus negara dan untuk produk-produk tertentu diproduksi oleh perwakilan atau afiliasi perusahaan yang tersebar di 38 negara. Produk yang dihasilkan tidak hanya produk susu jadi, tetapi juga beragam produk lainnya yang berbahan dasar susu seperti susu segar, susu bubuk, kental manis, yoghurt, keju, mentega, minuman berbasis susu krim dan ingredients (konsentrat susu), disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau mitra bisnis yang tersebar di 100 negara.

Dalam upaya membangun bisnis yang keberlanjutan FrieslandCampina menuangkan komitmennya dalam prinsip Nourishing a Better Planet dengan menjaga hubungan yang seimbang antara peternak, lingkungan, dan konsumen. Strategi produksi yang seimbang dan mempertimbangkan kelestarian alam dipercaya akan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi peternak dan konsumen.

“FrieslandCampina juga memegang kendali penuh seluruh rantai produksinya yang diterapkan dalam langkah strategis from grass to glass. Perusahaan mengelola langsung dan mengontrol kualitas setiap tahap produksi sejak ternak diperah dan menghasilkan susu segar, pemrosesan di pabrik, pengiriman dan pendistribusian, hingga produk dinikmati oleh konsumen,” jelas Andrew.

Ada empat hal yang dijaga FrieslandCampina dalam binisnya yaitu Heritage (warisan), Quality (kualitas), Sustainability (keberlanjutan) dan Innovation (inovasi) .

Perusahaan tetep menjaga warisan yang menjadi cikal bakal lahirnya FrieslandCampina pada tahun 1871 yaitu dari para peternak sapi untuk bergabung dalam koperasi peternak sapi perah lokal dengan tujuan agar para peternak memiliki kekuatan untuk menjadi pemeran utama di pasar susu segar, dengan membangun kekuatan koperasi Zuivelcoöperatie FrieslandCampina U.A. dengan tetap menjadi pemilik perusahaan, dan membesarkan perusahaan hingga l kini menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Keahlian selama 150 tahun menjadi kekuatan perusahaan dalam menghasilkan kualitas terbaik produk-produk yang dihasikkan FrieslandCampina. Perusahaan selalu menjaga komitmen dalam aturan dan standar kualitas dengan mengontrol semua proses pada rantai produksi sesuai sistem jaminan kualitas Foqus Food Safety & Quality.

Perusahaan juga memahami bahwa menjaga kepercayaan konsumen salah satunya dengan menghasilkan produk yang bukan saja baik, tapi juga berasal dari produsen yang menjalankan praktek bisnis yang berkelanjutan dan senantiasa berkontribusi untuk mencari solusi menjaga bumi bagi generasi sekarang maupun di masa akan datang.

Semangat terus berinovasi juga menjadi kunci FrieslandCampina bisa terus menjaga bisnisnya berkelanjutan. Perusahaan terus berinovasi demi menghadirkan produk-produk yang bergizi dan bermanfaat. Bukan hanya itu produk yang dilahirkan merupakan produk yang dibutuhkan dan juga untuk memenuhi selera pasar di berbagai belahan dunia.

Asal tahu saja FrieslandCampina memiliki 635 ilmuwan dari 18 negara yang berdedikasi memecahkan tantangan pangan global melalui nutrisi berkelanjutan dan memiliki 2 pusat Penelitian dan Pengembangan yang berlokasi di kampus Wageningen University di Belanda dan Science Park di Singapura.

Di Indonesia, warisan FrieslandCampina 150 tahun juga dirasakan para peternak dan koperasi susu perah Indonesia. Salah satunya adalah program pemberdayaan peternak Indonesia melalui Dairy Development Program (DDP) yang dilaksanakan oleh FFI.

“Di sini, kami juga menjaga standar kualitas produk dengan menjaga standarisasi proses produksi, kemasan, dan distribusi, berdasarkan sistem Foqus Food Safety & Quality. Keberlanjutan juga menjadi fokus utama dalam menerapkan program-program keberlanjutan termasuk juga di dua fasilitas produksi FrieslandCampina di Indonesia untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi manusia, peternak, dan bumi,” jelas Aryono Bambang Ardhyo Plant Manager FFI.

Pria yang sudah 30 tahun bekerja di FFI ini menambahkan bahwa inovasi menjadi dasar dari strategi, tujuan, dan rencana, yang dibangun FFI untuk terus meningkatkan pengetahuan dan menguak berbagai kebaikan dan manfaat nutrisi dalam susu. “Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan cara pengolahan makanan yang aman dan mendukung pemenuhan kebutuhan pangan dunia,” tandasnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)