Marketing Trends

Belanja Online Meningkat, Miniso Gandeng Jet Commerce

Di luar berbagai dampak negatifnya terhadap bisnis, pandemi Covid-19 telah memicu terjadinya perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat. Seperti yang dilansir dari laporan Badan Pusat Statistik bertajuk “Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020”, yang mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan penjualan online sebesar 320% pada bulan Maret dan 480% pada bulan April dibandingkan dengan bulan Januari.

Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi mendorong Miniso untuk bekerja sama dengan Jet Commerce untuk mendukung optimasi bisnisnya.

Yingying Wu, E-commerce Marketing Manager Miniso, menjelaskan, Jet Commerce digandeng untuk membantu memenuhi peningkatan jumlah pesanan pada gerai daring milik Miniso. Supaya pengiriman produk dalam keadaan aman dan tepat waktu. Dijelaskannya, kerja sama ini terjalin sejak April lalu.

“Kerja sama ini merupakan upaya kami dalam beradaptasi untuk dapat memahami perubahan kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan di masa sulit ini,” ujarnya.

Wu menjelaskan lebih jauh, Miniso memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi dari mulai pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian jika ada pesanan yang bermasalah.

Merek ritel asal Jepang ini juga menggunakan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk – produknya. Mulai dari mengoptimalkan strategi penjualan di berbagai platform e-commerce, hingga menganalisis data inventaris dan penjualan produk dengan menggunakan Warehouse & Order Management System yang terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce, agar memudahkan proses pemantauan dan pelacakan setiap produk yang dipesan.

Webber Chen, CEO Jet Commerce Indonesia, mengatakan, selain berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja pelanggan, strategi pengelolaan pesanan yang baik dari hulu hingga hilir dan pengelolaan inventaris ini dapat berpengaruh terhadap performa bisnis.

“Pengelolaan inventaris dan pesanan merupakan hal krusial bagi bisnis di e-commerce. Selain dapat bermanfaat dalam efisiensi biaya dan peningkatan cash flow perusahaan, dengan pengelolaan inventaris yang baik, perusahaan dapat menghindari kerugian yang disebabkan oleh stok produk yang kedaluwarsa, rusak, ataupun sudah tidak relevan dengan permintaan pasar,” ujarnya.

Dalam kerja sama ini, Jet Commerce membantu Miniso dalam melakukan pengelolaan inventaris terhadap lebih dari 1.800 SKU di berbagai platform e-commerce, yang terdiri dari lima kategori produk, yakni Fashion, Home Living, Beauty, Electronics, Pillow & Plush Toys.

Sejak dimulainya kerja sama ini pada awal April lalu, Miniso telah mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. Beberapa produk dengan jumlah pesanan terbanyak selama masa pandemi antara lain, kategori Fashion dengan produk tas dan parfum yang terjual sebanyak 30% dari total penjualan.

Kategori produk Home Living, seperti produk Yoga Mat untuk berolahraga di rumah yang kerap dilakukan selama masa pandemi, dan storage box, yang terjual sebanyak 25%. Dan kategori produk Electronics seperti headphones yang banyak diminati untuk kebutuhan online conference atau hiburan, yang terjual sebanyak 10% dari total keseluruhan penjualan Miniso selama masa pandemi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved