Beli Asuransi Garda Oto Bisa Lewat Chatbot

Rudy Chen CEO Asuransi Astra sedang memperagakan pembelian asuransi Garda Oto melalui chatbot

Di tengah kondisi industri asuransi yang masih konvensional untuk pengembangan bisnis, Asuransi Astra yang kini berusia 62 tahun, makin  agresif  dalam  pengembangan digitalnya. Saat ini, portofolio pasar yang digarap masih 50% bidang otomotif.

“Tahun lalu kami mulai mengembangkan layanan digital melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, ini mulai dirasakan memudahkan klien kami, klaim bahkan bisa via aplikasi. Status klaim pun bisa dilihat di aplikasi,” jelas Rudy Chen, CEO Asuransi Astra di Folia MVP lantai 25 Jakarta (12/08/2018).

Aplikasi Medcare sendiri yang juga sudah diluncurkan itu ditujukan sebagai mitra gaya hidup sehat untuk konsumen asusansi ritel. Lalu layanan digital Asuransi Astra makin lengkap dengan HR-Akses dan CR-Akses yang ditujukan untuk pasar korporat. Pasar pun berkembang yang ketika awal diluncurkan Garda Oto Digital baru Jakarta, kini sudah merambah ke Bogor, Bandung dan Surabaya. “Perilaku konsumen yang berubah terus, yang menuntut makin praktis, mendorong kami untuk terus mengembangkan layanan digital Asuransi Astra. Termasuk layananan yang kami luncurlan di HUT ke-62 Asuransi Astra ini,” ujarnya.

Belakangan berkembangnya layanan chatbot, berkat dukungan kecerdasan buatan makin mendekatkan perusahaan ke konsumen apakah melalui pesan instan, suara atau Siri. Asuransi Astra pun melirik layanan ini dengan menghadirkan Garxia, Garda oto experience assistant, virtual assistant yang diluncurkan untuk makin memudahkan konsumen. Melalui chatbot ini, pembelian asuransi Garda Oto pub bisa dilayani. “Ini terobosan di industri asuransi. Maka itu taglinenya: #MakinGampang beli Asuransi, Chat Aja,” serunya.

Dalam hal pembayadan pun makin mudah, konsumen pun diberi pilihan selain transfer juga bisa dengan kartu kredit yang bisa dicicil melalui 3 bank yaitu Bank Permata, BCA dan Bank Mandiri. “Garxia merupakan salah satu kanal penjualan asuransi ritel kami. Serta upaya mendorong kesadaran beransuransi dengan kemudahan akses yang kami berikan,” kata Rudy tampa menyebut detil target penjualan.

Hingga saat ini Garda Mobile Otocare sudah diunduh 150 ribu dengan 50% yang aktif. Rudy menyebut pembelian asuransi ritel di Garda Oto Digital sebulan 100 pembelian, ini bahkan diatas target, dengan Garxia ia yakin akan lebih besar lagi. Alasannya karena prosesnya lebih mudah seperti di Whatsapp. “Sekali lagi Garda Oto Digital juga merupakan salah satu kanal penjualan ritel, seperti halnya Graxia,” tegasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)