Bentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Alix Cup 2019

Sejak tahun 1996, SMP Islam Al Ikhlas, Jakarta Selatan, telah menggelar kejuaraan olahraga di tingkat SMP. Seiring berjalannya waktu, Alix Cup ini telah menjadi salah satu kegiatan yang menjadi kebanggaan dan tahun ini mengadakan dengan tema ”Beyond the Beach” moto ”Surf In to The Entertainment”.

Kepala Sekolah SMP Islam Al Ikhlas, Indra Fithra Wirawan S,pd, menjelaskan, peserta Alix Cup 2019 berasal dari sekolah di wilayah Jabodetabek, dari tingkat SD dan SMP.

“Tema pantai dipilih dalam rangka melestarikan alam, khususnya pantai kita dari limbah plastik. Ini sangat sesuai dengan program unggulan sekolah. Kami berharap dengan tema ini, para siswa bisa memiliki kesadaran untuk mencintai lingkungan yang bersih, khususnya di lingkungan sekolah,” ujar Wirawan di Jakarta (11/10/2019).

Mengamini ungkapan Kepala Sekolah, Ketua Alix Cup 2019, Muhammad Muchsin Hadiansyah, mengungkapkan, tema yang diangkat menjadi wujud syukur atas segala ciptaan Tuhan YME, di tengah keindahan yang ada. ”Alix Cup 2019 bertemakan Beyond the Beach bertujuan agar kami Iebih bersyukur atas segala ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan akan membangkitkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan kelestarian pantai di Indonesia,” imbuhnya.

Alix Cup, menurut Wirawan, merupakan wadah untuk memberikan pembinaan dan pendidikan di bidang kepemimpinan, yang dimulai dari memimpin dari kelompoknya. “Peran mereka sangat strategis dan mendukung kegiatan ini. Karena kami melihat dari awal hingga closing acra pada hari ini, mereka sangat mengikuti kegiatan dengan baik dan penyelenggaraannya antusias mengikuti arahan dari orang tua dan guru. Ini adalah contoh hasil dari kerja keras mereka dengan kerja sama antara panitia inti dan panitia siswa dari kelas 7, 8 dan 9. Kebetulan panitianya adalah kelas sembilan, yang menjadi contoh bagi adik-adik mereka,” ungkapnya.

Panitia dari pihak orangtua, Maulinasari, berujar, kegiatan ini motornya adalah para siswa, sedangkan orang tua dan guru hanya mendukung. “Kegiatan ini adalah murni dari anak-anak, orang tua dan guru sekadar support agar mereka terbiasa mengikuti organisasi selanjutnya. Sejak tahun ini, kami mengikutsertakan media agar lebih diketahui oleh siswa dan siswi di wilayah Jakarta. Kami ingin mengembangkan lagi nama Alix Cup ini ke luar,” tegasnya.

Ketua Panitia dari SMP Al Ikhlas Dicky Try Gusrian M.Pp, menekankan, kegiatan Alix Cup memiliki dua kepanitian, yakni orang tua dan siswa langsung. Menurutnya, acara ini didukung oleh Pemkot Jakarta Selatan. Walikota Jakarta Selatan dan Dinas Pendidikan Jakarta Satu membuka gelaran Alix Cup 2019 itu.

Sementara itu Perwakilan POMG Bagian Kesiswaan Dina Yunita, mengungkapkan, Alix Cup sangat berefek positif bagi perkembangan dan pertumbuhan kepercayaan diri para siswa yang selanjutnya dapat berkembang seiring dengan kegiatan-kegiatan yang terus diselenggarakan baik oleh pihak sekolah maupun oleh siswa.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)