Berakar Komunikasi Bidik Omzet Naik 25%

Tim kreatif Berakar Komunikasi. (Foto : Dok)

PT Berakar Komunikasi, agensi periklanan lokal berbasis di Jakarta, memproyeksikan pendapatan di 2022 tumbuh sebesar 25% dibandingkan pendapatan pada 2021. Target ini seiring dengan pemulihan ekonomi nasional.

Beragam indikator, misalnya indeks Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur melanjutkan tren ekspansif (53,5) pada Desember 2021. Industri manufaktur sebagai salah satu kontributor utama produk domestik bruto (PDB) nasional menunjukkan pertumbuhan dan PMI yang berada di zona ekspansif ini merupakan sinyalemen positif terhadap sektor usaha, proyeksi pemulihan ekonomi, dan ekspansi bisnis.

Satriyo Wibowo, Strategic Planning Director Berakar Komunikasi, mengatakan indikator perekonomian yang cenderung positif itu mengindikasikan perusahaan yang memproduksi produk dan penyedia jasa akan memacu belanja iklan atau komunikasi untuk mempromosikan produk dan jasa.

Bowo, demikian sapaanya Satriyo, menyebutkan produk periklanan berbasis kreatif akan semakin atraktif di tahun ini seiring dengan pulihnya perekonomian dan pengendalian Covid-19 dan vaksinasi booster. “Kami optimistis bisa mengoptimalkan momentum ini dan menarik minat perusahaan untuk menggunakan jasa Berakar Komunikasi yang menyediakan produk komunikasi kreatif. Kami meyakini omset di tahun 2022 tumbuh sebesar 25% karena didukung pemulihan ekonomi dan ekspansi bisnis para klien,” ujar Bowo di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Berakar Komunikasi adalah biro iklan yang berkomitmen menciptakan komunikasi kreatif yang kontennya berbasis pemahaman lokal. Berakar Komunikasi berpengalaman dalam menangani kampanye terintegrasi, above the line, below the line, dan kampanye digital dari jenama tersohor, mulai dari jenama dari produk barang-barang konsumsi (fast moving consumer good), otomotif, kecantikan, asuransi, dan bank. Pengguna jasa Berakar Komunikasi itu juga berasal dari kementerian dan lembaga pemerintah serta iklan untuk gerakan sosial.

Apresiasi Global

Abdi Haq Nazar, Creative Director Berakar Komunikasi, menyampaikan Berakar Komunikasi sepanjang 2021 meraih beragam apresiasi tingkat nasional dan internasional, antara lain penghargaan ajang internasional Mobile Marketing Association (MMA). Selanjutnya, di ajang Pinasthika Award (festival periklanan yang dikhususkan untuk agensi lokal dan dilangsungkan di Yogyakarta) Berakar Komunikasi dinobatkan sebagai Agency of The Year. Raihan ini sekaligus menjadikan agensi ini sebagai satu-satunya biro periklanan Indonesia yang berhasil meraih penghargaan selama tiga kali berturut-turut di puncak penghargaan tersebut.

Pada ajang Citra Pariwara, Berakar Komunikasi dinobatkan sebagai Top 4 Agency of The Year. Capaian ini sekaligus membuat Berakar Komunikasi berhasil mengungguli beberapa agensi multinasional yang juga berpartisipasi di gelaran tersebut. Adapun, raihan Berakar Komunikasi di masing-masing ajang tersebut, MMA (1 Gold), Citra Pariwara (1 Gold, 6 Silver, 9 Bronze), sementara di Pinasthika (2 Gold, 9 Silver, 22 Bronze).

Manajemen dan pegawai Berakar Komunikasi mengapresiasi pencapaian ini tatkala denyut bisnis relatif tumbuh terbatas di masa pandemi. Selain itu, penghargaan mengindikasikan produk berdaya saing tinggi untuk berkompetisi dengan agensi nasional dan multinasional. Sebagai contoh, lanjut Abdi, penghargaan Citra Pariwara kali ini merupakan gelaran dengan kepesertaan agensi dan jumlah entri terbanyak sepanjang sejarah sejak diselenggarakannya festival tersebut. Selain itu, hattrick sebagai Agency of The Year di Pinasthika Award juga menjadi capaian yang patut diacungi jempol.

Salah satu produk kreatif Berakar Komunikasi yang berkontribusi cukup besar di 2021 itu adalah kampanye bertajuk Hear Clearly untuk Sprite. Kampanye yang dihelat sepanjang Ramadan tahun lalu ini memanfaatkan audio sebagai core media-nya. Hasilnya, adalah penghargaan Gold untuk Mobile Audio/Voice Category di MMA.

Kampanye yang mengambil pendekatan audio illusion ini memperdengarkan suara aktivitas tertentu yang seolah-olah mirip dengan orang yang sedang minum Sprite ini ingin mengajak masyarakat untuk berpikir jernih sepanjang menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut juga sejalan dengan misi Sprite yang ingin mengajak orang-orang untuk berpikir jernih.

Ke depannya, Berakar Komunikasi melanjutkan kreasinya untuk menghasilkan karya-karya terbaik, salah satunya berkolaborasi dengan semua pihak, seperti kolaborasi seniman maupun pakar lokal agar tercipta kerja sama lintas bidang. “Sehingga, output karya yang dihasilkan tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat, namun juga bisa memenuhi ekspektasi klien, baik dalam segi penjualan maupun branding,” ucap Abdi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)