Marketing Trends

Berbagai Karakter Disney Hiasi Jaringan Ritel MPPA

Danny Konjongian Direktur-Corporate Secretary & Public Affairs MMPA (tengah)

Industri ritel mengalami perlambatan walau kondisinya masih lebih baik dari industri lain. Berbagai upaya dilakukan pelaku ritel guna mendorong penjualan mereka. Seperti dilakukan oleh PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), dengan menghadirkan pengalaman menarik bagi masyarakan yang berbelanja di grup ritelnya.

Menurut Danny Konjongian, Direktur-Corporate Secretary & Public Affairs MMPA menyampaikan saat konferensi pers di gerai Hypermart Karawaci (15/11/2019) ini merupakan kolaborasi pertama di Indonesia antara The Walt Disney Company Indonesia dengan menghadirkan pengalaman berbelanja yang unik bagi konsumen di gerai Hypermart, Primo, Foodmart dan Hyfresh di Indonesia.

“Kami memastikan ini merupakan kolaborasi jangka panjang dengan tujuan untuk menghadirkan pengalaman unik dan menarik bagi masyarakat Indonesia. Konsep ini kami kembangkan bersama dengan menjaga kualitas produk mengingat Disney sangat ketat dalam hal ini. Maka itu tidak semua produk kami kolaborasikan dengan karakter Disney, tapi yang menarik dalam kolaborasi ini fresh product seperti sayuran, sayuran dan buah-buahan dikolaborasikan dengan karakter Disney. Ke depan akan dikembangkan juga kolaborasi ini untuk produk-produk apparel dan toys.

Danny menegasakan bahwa kolaborasi ini bukan sekadar memberi merek Disney saja, tapi MPPA bersama-sama dengan The Walt Disney membangun suasana yang bisa membuat para konsumen senang datang ke gerai-gerai di bawah MPPA.

“Jika hanya mengandalkan barang yang lengkap di industri ritel tidak cukup, lebih ingin merasakan experience, tidak heran sedang tren jalan-jalan ke tempat menarik di masyarakat. Maka itulah kami mengemas dengan brand yang sudah dikenal selama ini yaitu Disney,” terangnya.paya ini merupakan wujud komitmen grup ini yang fokus pada loyalitas pelanggan, salah satunya dengan memberikan pengalaman menarik dengan kehadiran Disney di gerai-gerainya.

“Kami menawarkan beragam produk Disney yang menarik dan berkualitas tinggi yang tersedia untuk pelanggan kami dan akan terus menambahkan karakter-karakter baru dari Disney dan Pixar selama 12 bulan ke depan. Beberapa lokasi Hypermart dan Foodmart akan memperkenalkan area-area bertema Disney di dalam gerai untuk memberikan pengalaman Disney terbaik dalam waktu dekat,” jelas Danny.

Tema besar tagline campaign: Discover Disney at Hypermart ini akan berlangsung dalam beberapa tahun ke depan. Didukung dengan sub term promotion dengan tema yang mendukung tema besarnya. Pada tahun depan 2020 akan ada Disney Corners akan menjadi totalitas experience karakter Disney di Hypermart.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, produk segar seperti buah-buahan dan sayuran, serta produk roti yang lezat, akan dihadirkan dalam kemasan yang terinspirasi oleh karakter Disney dan Pixar dan akan tersedia di semua gerai.

Konsumen dari segala usia akan menikmati ragam produk yang nantinya akan terus dikembangkan – termasuk produk mainan, pakaian, dan alat tulis – yang tersedia saat peluncuran di gerai-gerai Hypermart tertentu dan akan menyebar ke semua gerai selama tahun 2020.

“Melalui kolaborasi bersama Hypermart, kami ingin memberikan para penggemar Disney deretan produk yang relevan dan pengalaman unik untuk mendekatkan mereka dengan kisah dan karakter Disney favorit mereka,” kata Amanda Dhalluin, Direktur Eksekutif Komersialisasi Produk Konsumen, The Walt Disney Company Indonesia.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, 56,8% dari PDB dikontribusi dari konsumsi di industri ritel, ini memperjelas dukungan kuat sektor ini pada ekonomi bangsa. Data hingga September 2019 pertumbuhan ritel mencapai 5,06%, diperkirakan pada akhir tahun akan mencapai 9% dengan adanya Natal dan tahun baru 2020.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, Roy N. Mandey, angka pertumbuhan di industri ritel masih lebih baik daripada sektor lain, walau kondisinya melambat. Untuk itu diperlukan inovasi atau terobosan dalam mendorong pertumbuhan industri ritel dari para pelaku di industri ini.

Ia memandang langkah MPPA ini merupakan inovasi experience, yang dibutuhkan masyarakat saat ini, sebab gaya hidup mereka trennya ingin mendapatkan pengalaman menarik bukan saja belanja tapi juga menikmati suasana dan produk-produk menarik dengan pengalaman yg dihadirkan pengelola. “Saya meyakini langkah ini bisa menarik pengunjung dan mendorong pertumbuhan penjualan,” ujarnya.

Untuk memulai kampanye dan merayakan liburan Natal dan akhir tahun 2019, MPPA bersemangat untuk mengumumkan, “Discover Disney Holiday Magic at Hypermart“, kampanye promosi jangka pendek yang akan menghadiahkan 10 keluarga beruntung (terdiri dari empat anggota) paket spesial liburan mencakup tiket pesawat, hotel, dan tiket masuk ke Hong Kong Disneyland. Mulai dari 15 November 2019 hingga 15 Januari 2020, para penggemar dapat berpartisipasi dalam undian berhadiah Disneyland Hong Kong.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved