BI dan Bank Sentral Tiongkok Perkuat Kerja Sama Keuangan

Bank Indonesia dan Bank Sentral Tiongkok (People’s Bank of China) terus memperkuat kerja sama keuangan bilateral yang telah dilakukan selama ini. Hal tersebut dibahas dalam pertemuan antara kedua pemimpin bank sentral yang dilakukan di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali (12/11/2018).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh gubernur masing-masing bank sentral, yaitu Perry Warjiyo dari Bank Indonesia dan Yi Gang dari Bank Sentral Tiongkok. Penguatan kerja sama antarnegara yang terus diperkuat oleh Indonesia diharapkan dapat mendukung ketahanan ekonomi bangsa.

Dalam kesempatan terpisah, sebelumnya Perry Warjiyo, menjelaskan bagaimana Indonesia menyikapi kebijakan bank sentral AS dan kondisi ekonomi global. “Saat ini, ekonomi Indonesia masih stabil dan berdaya tahan, antara lain tercermin dari pertumbuhan dan inflasi yang baik, serta stabilitas sistem keuangan yang terjaga. Namun, dengan ekonomi domestik yang terjaga Indonesia tetap harus memperhatikan pengaruh ekonomi global,” jelas Perry.

Untuk itu, skenario kebijakan yang dilakukan BI adalah memastikan daya saing pasar keuangan Indonesia agar tetap menarik dan supaya defisit transaksi berjalan tetap terjaga. BI juga selalu hadir di pasar untuk menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)