BI Hadirkan Aplikasi Digital Fitting Room

Acara Puncak BJCW (Bali Jagadhita Culture Week) 2021, 4 - 6 Oktober yang bertema "Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata”, ditandai dengan penampilan fashion show,hasil kolaborasi antara UMKM tenun se-Balinustra dan desainer nasional. Pagelaran busana ini memperlihatkan  potensi wastra (kain tradisional) Balinustra berupa produk jadi sehingga diharapkan akan membuka pasar yang lebih luas, termasuk pasar global.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, kegiatan BJCW ini  merupakan sinergi dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Berwisata Indonesia (GBWI). 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, BJCW kali ini memiliki ragam kegiatan tambahan, berupa peningkatan kapasitas UMKM dalam pemasaran, pembayaran digital melalui kegiatan on-boarding UMKM se-Bali dan Nusa Tenggara (Balinustra), serta mendorong transaksi digital menggunakan QRIS.
“Juga dilakukan seremoni pelepasan ekspor UMKM sebagai bentuk apresiasi kepada UMKM yang telah berhasil melakukan ekspor, serta peluncuran aplikasi Digital Fitting Room yang merupakan inovasi agar kain tradisional dapat lebih diterima oleh generasi muda,” tambah Trisno.

Digital Fitting Room memungkinkan konsumen untuk mencoba produk pakaian yang diinginkannya secara virtual dan membantu konsumen untuk mengkombinasikan motif kain tradisional pada desain baju. Aplikasi ini juga menyediakan fitur postur tubuh ataupun ukuran yang sesuai keinginan calon konsumen. Inovasi ini diiharapkan dapat memberikan solusi kepada calon konsumen yang memiliki keraguan untuk membeli kain tradisional.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo secara daring menjelaskan bahwa BJCW 2021 memiliki semangat yang sama dengan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI), dimana kegiatan ini meliputi pameran produk unggulan, pagelaran karya keratif, business matching dan business coaching untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM sehingga mampu menembus pasar global.

Berbagai kegiatan yang dilakukan ini sejalan dengan persiapan presidensi G20 di 2022 yang akan menjadi momentum dan kesempatan untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu fokus perhatian dunia, khususnya bagi para pelaku ekonomi dan keuangan.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mengapresiasi upaya Bank Indonesia untuk mendukung pemberdayaan ekonomi kreatif lewat sinergi dengan pemerintah dalam menyukseskan GBBI dan GBWI melalui pelaksanaan kegiatan BJCW.

Sandiaga yakin fasilitas digital fitting room dan fashion show UMKM Bali Nusra dapat membuat produk UMKM lebih dikenal sehingga masyarakat lebih mencintai produk kreatif lokal buatan Indonesia. Sandiaga juga mengajak agar seluruh pihak bersinergi menyiapkan produk kreatif Bali untuk memenuhi kebutuhan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara seiring dengan rencana pembukaan penerbangan internasional ke Bali.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)