BI Institute Kaji Pertumbuhan Digital Economy

Pertumbuhan ekonomi nasional sedang mengalami transformasi besar-besaran, bermula dari ekonomi konvensional hingga kini beranjak pada digital economy. Digital economy mulai berkembang setiap tahun, hal ini dapat dilihat dari banyaknya e-commerce (toko berbasis online), media online, hingga travel dan transportasi.

Mckinsey (2018) dalam laporannya menyebutkan bahwa perdagangan online memiliki dampak di financial benefit. Indonesia adalah pasar terbesar untuk e-commerce di Asia Tenggara. Nilainya saat ini kurang lebih US$2,5 miliar dan akan menjadi US$20 miliar tahun 2022.

Data Kementerian Koperasi dan UKM (2017) menunjukkan dominasi UMKM dalam pasar digital economy menunjukan jumlah unit usaha sebanyak 62,9 juta atau 99,99% dan mampu berkontribusi sebesar 60,0% terhadap Produk Domestik Bruto. Hal ini membuat para pelaku usaha berbasis UMKM harus lebih di perhatikan. Mengingat UMKM cenderung memiliki resiko serta resistensi tinggi terhadap kemampuan menghadapi krisis.

Bank Indonesia Institute (BINS) memberikan kajian kepada pada calon pemimpin Bank Indonesia masa depan untuk memepelajari kajian Digital Economy terkait perkembangan UMKM. Daruma.co.id sebagai salah satu e-commerce khusus untuk memenuhi kebutuhan industri, hadir dengan platform website 4.0 yang menyediakan berbagai kebutuhan Industri mulai dari hand tools, abrasive, fastener, safety, machining, power tool, adhesive, sealant, service equipment hingga kebutuhan atk.

Sebagai salah satu e-commerce yang mendukung kemajuan UMKM di Indonesia, Daruma berkomitmen untuk selalu memberikan servis yang memudahkan para pelaku usaha, dengan berbagai fitur serta pilihan harga yang kompetitif.

Diskusi ringan antara Bank Indonesia Institute dengan Daruma menjadi ajang bagi Daruma untuk mengutarakan kendala-kendala terkait yang dikhawatirkan akan dapat menjegal langkah-langkah UMKM Indonesia menjadi lebih maju. Kendala tersebut termaksud dalam segi permodalan bagi para pelaku usaha UMKM, serta minimnya pengeloaan SDM sehingga banyak para pelaku usaha yang masih belum bersaing dari segi teknologi. Diharapkan dengan adanya diskusi ringan ini, kelak Bank Indonesia dapat menjawab tantangan serta memberikan solusi yang bermanfaat nantinya.

“Daruma berharap melalui diskusi ini nantinya Bank Indonesai selaku badan usaha independen mampu menumpu serta mendukung para pelaku usaha UMKM Indonesia agar dapat bersaing dengan perkembangan teknologi yang kian cepat,” ucap Johanes Sung, General Manager Daruma.co.id melalui siaran persnya di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Daruma hadir dengan platform B2B yang menghubungkan penyedia barang dan pembeli, memberikan informasi produk yang akurat, menyediakan barang ready stock serta pengantaran barang tepat waktu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)