BI Selenggarakan KKI Untuk Bantu UMKM di Tengah Pandemi

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Kanan Atas)

Di tengah penurunan bisnis UMKM akibat pandemi Covid-19, Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021. KKI akan dilangsungkan secara virtual mulai dari tanggal 23-26 September 2021 mendatang. Program ini merupakan one stop virtual event yang ditujukan untuk meperluas dan menguatkan jaringan UMKM daerah.

“BI tidak pernah lelah menghadirkan produk UMKM berkualitas yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja, melalui website Karya Kreatif Indonesia (KKI)," ujar Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan. Acara virtual KKI ini ditargetkan akan diikuti oleh 525 UMKM dari seluruh Indonesia yang terdiri dari UMKM binaan Bank Indonesia, Kementerian atau Lembaga, maupun Pemerintah Daerah.

Lebih jauh, Perry mengatakan bahwa BI berkomitmen untuk mendukung UMKM agar dapat mendorong ekonomi Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui klasterisasi dan peningkatan kapasitas, baik dari sisi produksi, keuangan hingga pemasaran nasional dan global, serta digitalisasi. “BI juga terus mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran untuk mendorong UMKM berdaya saing,” ujarnya.

Dalam sistem pembayaran, misalnya, BI memanfaatkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran yang bisa digunakan oleh UMKM maupun jasa pariwisata. Tercatat hingga pertengahan September 2021, pengguna QRIS saat ini sebanyak 10,4 juta merchant.

Di sisi lain, Iriana Joko Widodo, Ibu Negara Republik Indonesia mengatakan bahwa UMKM memiliki potensi yang besar baik di level domestik maupun level mancanegara. “Peluang tersebut perlu didukung oleh pemanfaatan ruang virtual yang dapat diakses kapan pun dan dimana saja, sehingga dapat memperluas jangkauan pengenalan produk UMKM,” kata dia.

Acara KKI merupakan puncak dari rangkaian kegiatan road to KKI yang telah berjalan sepanjang tahun 2021. Acara ini juga dilangsungkan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (Gernas BWI). Program puncak KKI akan menampilkan Karya Kreatif, showcasing dan pameran produk UMKM, policy dialogue, business coaching, business matching, talk show, webinar aktivasi wastra, art and culture performance, wisuda UMKM onboarding, dan pemberian penghargaan UMKM.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)