BI Terus Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah


Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo  menyampaikan dua hal terkait dengan perkembangan nilai tukar Rupiah. Dua hal tersebut di antaranya stabilisasi dan pengukuran pergerakan Rupiah dengan negara lain.

Bank Indonesia (BI) akan  terus melakukan serangkaian langkah stabilisasi. Langkah tersebut tidak hanya melalui kebijakan suku bunga yang terukur, namun juga melalui intervensi untuk memastikan tersedianya likuiditas dalam jumlah yang memadai baik valuta asing maupun Rupiah. Bank Indonesia juga akan melakukan pembelian Surat Berharga Negara (SBN) di pasar.

Kedua, terkait dengan pergerakan nilai tukar Rupiah, Gubernur BI mengatakan bahwa hal tersebut harus diukur secara relatif dibandingkan dengan negara-negara lain. Saat ini pelemahan nilai tukar terhadap US$ juga tengah terjadi atau dialami oleh negara-negara regional. Secara relatif, pergerakan nilai tukar Rupiah tersebut masih terkendali (manageable) sebagai bagian dari fenomena global yang terjadi saat ini.

Ke depan, BI akan terus menjaga stabilitas ekonomi di tengah ketidakpastian perkembangan ekonomi global. Hal itu dilakukan khususnya pada stabilitas nilai tukar Rupiah.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)