Bibit Panen Pendanaan US$30 Juta

Bibit, aplikasi startup reksadana, meraih pendanaan senilai US$30 juta dari Sequoia Capital India. Pendanaan ini juga berkolaborasi dengan investor lainnya seperti East Ventures, EV Growth, AC Ventures, dan 500 Startups.

CEO Bibit, Sigit Kouwagam menyebut jumlah pengguna aplikasi Bibit naik menjadi lebih dari 1 juta SID selama setahun terakhir. Penyebabnya karena meningkatnya kesadaran dan edukasi tentang investasi bagi para pemula.

Sementara itu, VP Sequoia Capital India, Rohit Agarwal melihat konsumen mulai memindahkan tabungan dari produk dengan yield rendah dan beralih ke produk finansial dengan yield tinggi/

“Di Indonesia, kami melihat Bibit sebagai platform investasi terpercaya yang dapat membantu jutaan masyarakat Indonesia berinvestasi secara optimal. Kami ikut semangat dapat membantu merealisasikan potensi Bibit untuk membantu masyarakat Indonesia meraih tujuan finansial mereka,” ujarnya.

Co-founder dan Managing Partner East ventures, Willson Cuaca menambahkan, Stockbit dan Bibit menunjukkan pertumbuhan yang tinggi di segmen retail investor, di mana nilai transaksinya menigkat lebih dari 10 kali lipat pada tahun 2020.

Pendanaan tersebut akan digunakan Bibit untuk mengembangkan layanan mereka. Startup yang merupakan pionir teknologi Robo Advisor ini menawarkan kemudahan berinvestasi sesuai dengan profil resiko dan tujuan investasi pengguna. Hal ini sangat cocok untuk pengguna Bibit yang 90% didominasi oleh investor millenial.

Berdasarkan data IDX dan KSEI, jumlah retail investor di Indonesia tumbuh 56% secara YoY di 2020. Peningkatan ini disumbang oleh kalangan millenials dimana 92% investor baru pada tahun 2020, datang dari segmen umur 21-40 tahun. Meskipun adanya peningkatan yang signifikan, partisipasi dari masyarakat Indonesia di pasar modal masih kurang dari 2% pada saat ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)