Bibit Parfum Macbrame Targetkan Kontribusi Rp1,2 triliun Tahun 2021

Pandemi covid-19 berdampak pada melemahnya pegerakan ekonomi dunia. Hal tersebut menyebabkan penurunan kinerja perusahaan dan industri, sekaligus menyebabkan peningkatan angka pengangguran.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan ada sekitar 29,12 juta orang terkena dampak dalam pekerjaannya, salah duanya kehilangan pekerjaan dan pengurangan jam kerja. Kerjasama antara pemerintah dan swasta dianggap mampu untuk memperbaiki situasi ini.

Di tengah situasi tersebut, Macbrame yang bergerak di bisnis bibit parfum mampu berkontribusi sebesar Rp935 miliar di tahun 2020. Selain itu, di tahun yang sama, perusahaan juga berhasil menjual 134 ton bibit parfum. Macbrame optimistis akan dapat meningkatkan kinerjanya di tahun 2021 dengan membidik menargetkan kontribusi sebesar Rp1,2 triliun.

“2020 tahun merupakan tahun yang sulit dan penuh tantangan. Penjualan kami tidak menurun secara signifikan. Angka Rp395 miliar diambil dari Jumlah penjualan bibit parfum dikali harga jual end user. Satu kilo bibit parfum bisa menghasilkan penjualan parfum retail 7 juta,” kata Hary Wirawan, CEO Macbrame.

Adanya peningakatan target tersebut juga diharapkan dapat membuka kesempatan kerja baru bagi masyarakat. Sampai saat ini, Macbrame telah menyalurkan produk bibit parfum ke berbagai sektor usaha di hampir seluruh kota di Indonesia. “Kami juga memberikan pelatihan gratis kepada pengusaha fragrance untuk memulai bisnis,” kata dia menambahkan.

Pandemi covid-19 yang terjadi sejak tahun lalu juga berdampak pada bisnis Macbrame dan mempengaruhi bisnis mitranya. Banyak mitra yang tutup dan mengurangi jumlah karyawannya. “Untuk melaluinya kuncinya adalah kebersamaan dan mulai merencanag strategi yang akan siap digunakan ketika keadaan membaik,” ujarnya.

Macbrame juga terlibat untuk membantu mitra bertahan di masa pandemi covid-19, melalui recovery program. Beberapa program yang diinisiasi meliputi peluncuran program bangkit bersama Macbrame, program pengambilan barang yang lebih fleksibel, menyiapkan mitra dengan protokol 3M, memberikan 5000 masker, dan memberikan 50 ribu botol hansani ke mitra Macbrame.

Ke depan, perusahaan akan menjalankan program upgrade toko. Program tersebut bertujuan untuk mengundang perhatian pelanggan, sehingga mereka mau untuk menunjungi toko mitra. “Faktor yang membuat pelanggan ingin berbelanja adalah produk yang berkualitas dan toko yang aman, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini,” kata dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)