Bidik Konsumen Milenial, Samasta Coffee Menggandeng GoWork

Pelanggan kopi isi ulang Samasta. (Foto : Samasta)

Sejak pertama kali diluncurkan pada Mei 2020, perusahaan startup Samasta, gencar mengembangkan bisnis kopi isi ulang (refill) melalui skema berlangganan (subscription) kepada para pelanggan yang mayoritas adalah kaum milenial. Kasus penyebaran Covid-19 di Jakarta yang masih tinggi semakin memperkuat alasan untuk masyarakat memilih aktifitas di rumah dan menghindari ruang publik seperti restoran dan kafe sehingga tren ini direspons Samasta untuk berkolaborasi dengan GoWork, perusahaan penyedia ruang kerja bersama.

Hal ini yang mendasari konsep bisnis Samasta yang menawarkan minuman kopi siap minum berbasis langganan dan refill. Kanta, Founder Samasta, mengatakan Samasta berkolaborasi dengan GoWork Coworking Space, salah satu startup penyedia platform ruang kerja bersama (coworking space) di Indonesia, untuk menawarkan layanan kopi refill bagi para anggota GoWork yang mayoritas adalah milenial yang bekerja di perusahaan startup ternama di Indonesia. “Saya melihat GoWork memiliki profil customer yang mirip dengan Samasta yaitu milenial yang menyukai kemudahan dan kepraktisan. Maka dari itu kita tawarkan layanan kopi refill untuk semua member yang tergabung di GoWork,” tutur Kanta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jum’at (25/9/2020).

Konsep kopi refill yang diusung oleh Samasta ini cukup praktis dan mudah karena seluruh roduk kopi Samasta menggunakan kemasan botol kaca premium yang dapat digunakan selamanya. Jadi untuk pembelian botol pertama, pelanggan Samasta akan dikenakan harga normal per botol. Namun, untuk setiap pembelian selanjutnya dengan mengembalikan botol lama yang sudah kosong, Samasta menawarkan harga diskon per botolnya. “Bisa dibilang mirip banget sama konsep refill air mineral galon . Pas beli pertama 'kan kita beli kemasan dan isinya. Untuk berikutnya, kita cukup bayar refil isinya saja jadi lebih murah” ditambahkan oleh Kanta.

Semua proses pengembalian botol kosong ditangani dan ditanggung langsung oleh Samasta sehingga pelanggan tidak perlu repot. “”Kami sudah punya kurir sendiri yang siap mengambil botol-botol kosong di alamat pelanggan kita sekaligus mengantar pesanan kopi mereka” ucap Kanta. Samasta berharap inisiatif kolaborasi dengan GoWork ini bisa semakin memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya untuk beraktivitas di dalam rumah selama masa pandemi ini. “Dengan teknologi sekarang semua kegiatan bisa dilakukan dengan efektif dan efisien dengan tetap di rumah kok, termasuk ngopi,” ungkap Kanta yang sudah berkecimpung di dunia startup dan teknologi di Indonesia, Singapura dan Afrika Selatan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)