Bidik Segmen Korporasi, Matrix NAP Info Perluas Jangkauan Bisnis

Foto : Gedung DCI Indonesia.

Pandemi Covid-19 membuat perubahan pola kerja masyarakat secara digital. Hal ini mendorong perusahaan semakin bertumpu pada sistem digital dan operasi layanan berbasis cloud guna menjaga kelangsungan bisnis. 

Dengan meningkatnya trafik data yang dioperasikan melalui cloud, tentunya akan berdampak pada peningkatan kebutuhan Data Center sebagai infrastruktur utama yang bertugas menopang lonjakan jumlah data yang dihasilkan, untuk selanjutnya disimpan dan diproses hingga menjadi value tertentu.

Belakangan ini data center mulai ramai dibicarakan di tengah masyarakat. Kehadiran data center-data center baru dalam beberapa tahun belakangan ini didukung oleh situasi pandemi yang memaksa sebagian besar aktivitas masyarakat untuk beralih ke digital.

Dalam riset terbaru yang dikeluarkan oleh JLL bertajuk “The Rise of New Data Centre Growth Markets”, permintaan akan kehadiran data centertumbuh pesat di Asia Pasifik didorong oleh cloud computing dan penggunaan mobile internet. Nilai pasaruntuk layanan hostingstorage, dan cloud computingdiperkirakan mencapai 163 miliar dollar atau meningkat hampir 30% dari tahun 2017. Bahkan, diperkirakan lalu lintas penggunaan cloud computing di Asia Pasifik akan mencapai angka pertumbuhan 150% dalam periode yang sama.

Dari beberapa fakta diatas dapat disimpulkan bahwa keberadaan serta masa depan data center di Indonesia tentunya bukan suatu hal untuk diremehkan. Memilih data center yang cocok untuk bisnis dan kebutuhan tentunya perlu memperhatikan beberapa hal, mulai dari lokasi yang strategis, fasilitas keamanan yang terjamin, fasilitas listrik serta cooling system yang mumpuni hingga pilihan koneksi jaringan yang stabil. Pilihan koneksi jaringan adalah unsur esensial dalam menunjang kelancaran akses data serta operasional perangkat.

Dalam rangka perluasan jangkauan bisnis, kini layanan Matrix NAP Info hadir dan siap untuk melayani pelanggan di dua data centerternama Indonesia. Kedua data centertersebut masing-masing adalah DCI Indonesia yang berlokasi di Cibitung, Bekasi dan EDGE Data Center yang berlokasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Para pelanggan kini dapat menikmati berbagai layanan yang ditawarkan oleh Matrix NAP Info mulai dari Matrix Line (local loop)Matrix Global IP TransitMatrix Cable Internet eXchange(MC-IX) dan lainnya sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Menurut Thomas Dragono,Direktur PengelolaMatrix NAP Info, jaringannya sudah aktif di dua lokasi tersebut dan tentunya kami harapkan kehadiran Matrix NAP Info dapat menjadi pelengkap opsi provider yang dapat dimanfaatkan para pelanggan di lokasi tersebut. Hal ini menguatkan komitmen Matrix NAP Info untuk hadir semakin dekat dengan pelanggan, khususnya di kalangan korporasi.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan Matrix NAP Info sebagai salah satu submarine cable operatorpertama yang sudah berada di EDGE Data Center. Matrix NAP Info juga sudah terhubung dengan lebih dari 150 gedung perkantoran di Jakarta. Kami harap adanya Matrix NAP Info bisa memberi konektivitas yang unggul untuk customer di EDGE Data Center,” kata Stephanus Oscar, CEO EDGE Data Center.

Sebelumnya, jaringan Matrix NAP Info juga telah hadir di beberapa lokasi data centerternama seperti Biznet Midplaza Jakarta, Biznet Technovillage, Lintasarta Data Center, Telkomsigma Serpong & Sentul, Omadata Surabaya dan lainnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)