Bidik Startup, Metra-Net Kembangkan Layanan International Messaging

Di era digitalisasi pemerintah berinisitif untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintahan melalui Program Satu Data Indonesia. Program ini merupakan insiatif mengenai kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang terintegrasi, akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan.

Untuk mendukung program tersebut Telkom Indonesia melalui anak usahanya memperkenalkan solusi big data analytics yaitu BigBox. Kehadiran BigBox untuk memberikan layanan berupa platform analitik data end-to-end dengan menggabungkan teknologi big data untuk menghadirkan platform data perusahaan industri. Analisis yang dibuat, diperuntukkan untuk memberikan wawasan kepada perusahaan untuk menentukan keputusan bisnis yang tepat.

Bigbox dikelola khususnya di bawah PT Metra-Net yang merupakan salah satu anak perusahaan Telkom Indonesia yang bergerak dibidang digital. PT Metra-Net fokus pada enam lini bisnis, yaitu Financial Service, B2B Commerce, Big Data, Digital Advertising, Digital Content, dan Communication.

Selain menawarkan Big Data, BigBox juga memiliki beberapa layanan lain nya yang salah satunya adalah BigBox Developer API (Application Programming Interface), yaitu layanan yang memberikan penawaran untuk API siap pakai yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengirimkan pesan berupa one time password (OTP), Broadcast ataupun Notifikasi yang dapat membuat proses pengembangan menjadi lebih efektif dan efisien. Artinya, API ini siap pakai sehingga tak lagi butuh waktu lama untuk berkomunikasi dengan para pelanggan produk perusahaan.

Menurut Faisal Yusuf, Vice President Big Data Metra-Net, selain dapat menjangkau bisnis di wilayah domestik, kini BigBox Developer API meluncurkan layanan baru yaitu International Messaging yang diharapkan mampu memudahkan para pelaku bisnis startup ataupun perusahaan multinasional dalam menjalankan bisnisnya dan terhubung dengan berbagai pihak hingga mancanegara.
 
Di era digital seperti sekarang ini jarak antar negara memang dibuat sedemikian rupa sehingga terasa semakin dekat, untuk itu BigBox Developer API hadir dengan layanan yang disediakan untuk membuat bisnis semakin efektif dan efisien.
 
“Kami mengharapkan dengan adanya layanan internasional ini bisa melakukan kolaborasi yang cukup luas dan saling membantu dalam memberikan solusi untuk membuat sebuah peluang bisnis yang lebih besar lagi tentunya dan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang semakin baik,” kata Faisal.

Didik Budi Santoso, Direktur Utama PT Metra-Net menambahkan, layanan International Messaging pada
BigBox Developer API dapat dimanfaatkan oleh para pelaku startup untuk melebarkan sayapnya di kancah internasional melalui penyediaan saluran komunikasi kepada para penggunanya. “Perkembangan industri digital di Indonesia perlu bersama-sama kita dorong agar dapat bersaing di borderless global market. Dan upaya untuk itu adalah penyediaan layanan international messaging,” ungkap Didik.

Selain menyediakan API untuk kebutuhan komunikasi, di dalam BigBox Developer API juga menyediakan Layanan API Payment Gateway, Telco Scoring maupun electronic Know Your Customer (e-KYC). Untuk kebutuhan OTP sendiri tidak hanya tersedia untuk SMS tetapi ada juga OTP melalui email, voice call dan missed call.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)