Bigo Luncurkan Aplikasi Cube TV, Live Stream dan Video Khusus Game

Chang Chen Head of Global Marketing Bigo Group

Pertumbuhan Bigo perusahaan internet dengan fokus produknya di live stream dan video cukup pesat.

Sejak hadir di Indonesia dengan memperkenalkan aplikasi Bigo Live, kini pengguna teregistrasinya sudah mencapai lebih dari 30 juta dan ada 1 juta pengguna aktif tiap harinya. Untuk meningkatkan penggunanya di Indonesia, Bigo kemudian meluncurkan aplikasi baru yaitu Cube TV, aplikasi yang fokus pada mobile gaming live-streaming, arena eSports dan pusat belanja game.

Di awal kemunculannya di Indonesia sempat menimbulkan kontroversi, karena aplikasi Bigo Live konten videonya mengandung porno aksi, Bigo terus memperbaiki diri setelah Kominfo sempat membekukan aplikasi ini sehingga tidak bisa dioperasikan para penggunanya di Indonesia. Dirjen Aptika Kominfo Samuel Pangerapan mengungkapkan hal ini saat hadir pada peluncuran Cube TV di Hotel Shangri La Jakarta (21/05/2018).

“Ada itikad baik dari Bigo Live, kami datang ke Cina, meminta mereka melakukan filtrasi, bahkan terus meningkatkan sistem keamanan mereka. Mereka mau mengikuti aturan kita, bahwa teknologi untuk produktifitas dan kreatifitas, karena itulah tujuan transformasi digital di negara kita agar Indonesia semakin maju. Dan jika Bigo berkembang, tentu saja jangan lupa bayar pajak,” pesan Samuel.

Chang Chen Head of Global Marketing Bigo Group mengklaim saat ini akurasi filterisasi aplikasi Bigo Live mencapai 99%, sehingga yang hadir di Indonesia merupakan konten-konten positif. Ia juga memaparkan, Bigo sudah hadir di 200 negara dan tumbuh sangat pesat. “Pengguna Bigo Live di dunia sudah mencapai 200 juta terdaftar dan 36,6 juta pengguna aktif per bulan yang masing-masing menghabiskan waktu 55 menit per harinya,” tambahnya.  Pengguna Bigo Live mencakup negara Jepang, India, dan Amerika Serikat.

Secara kinerja keuangan Bigo Live juga menguntungkan, dikatakan James Wang Vice President Bigo, pada  tahun 2017 pendapatannya mencapai US$ 300 juta. “Hanya membutuhkan 2-5% pengguna berbayar untuk mencapai titik impas dan mendukung pengembangan lebih lanjut,” imbuhnya.

Dan kini dengan diluncurkannya Cube TV sebagai aplikasi yang fokus pada mobile gaming live-streaming, arena eSports, dan sebuah pusat perbelanjaan game untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan dari gamers di Indonesia, mereka meyakini pertumbuhan Bigo akan jauh lebih pesat.

Pada acara bertajuk Bigo Special Night, Cube TV diluncurkan di Indonesia untuk pertama kali, yang akan dilanjurkan ke negara Asia Tenggara lain dan seluruh dunia dalam beberapa fase.  Cube TV menawarkan teknologi canggih yang memungkinkan real-time video streaming berkualitas tinggi dengan latensi yang sangat singkat. Cube TV juga memungkinkan para penggunanya untuk menonton live-stream dan video dalam kualitas Blue-Ray. Kualitas 8M Blue Ray dan 20M Full HD untuk video dan live-streaming juga akan segera tersedia di aplikasi tersebut.

“Ide di balik aplikasi ini adalah untuk menciptakan sebuah lingkungan gaming yang dinamis di mana kami menyediakan kesempatan bagi para pengguna kami untuk berinteraksi dan mengadu kehebatan mereka di arena permainan. Selain itu, aplikasi ini juga akan memungkinkan mereka untuk memperluas lingkaran pertemanan serta bertukar pikiran dengan para pengguna yang lain. Fitur pusat perbelanjaan akan memuaskan kebutuhan para gamer yang mencari produk game dan bahkan memungkinkan mereka untuk mendapatkan penghasilan,” ungkap Aswin Atonie, Kepala Pemasaran Global Cube TV,

Dalam jangka panjang, Cube TV berharap untuk berkontribusi pada acara-acara e-Gaming dan memupuk peluang bagi para gamers di Asia untuk berinteraksi dan beradu dalam lingkungan sosial yang sehat dan menyenangkan, bahkan untuk membangun karir gaming professional. “Di Indonesia, kami telah merekrut beberapa e-gamer profesional seperti Michael Souw, Afif, dan Rahmad. Kami berharap untuk melihat lebih banyak Pro bergabung dengan kami,” lanjutnya.

Menurut James, menyediakan konten yang membuat para pengguna rela membeli merupakan model bisnis live-streaming yang paling berkelanjutan. Ia dan timnya bertujuan untuk terus mengembangkan bisnis baru ini dengan tujuan yang ambisius.

“Cube TV telah memiliki lebih dari 2 juta pengguna aktif setiap bulan sebelum peluncuran resminya di wilayah Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Selatan, dan Rusia. Kami juga sedang bertujuan untuk mempertajam kerja sama strategis dalam membentuk industry internet bagi seluruh dunia melalui keahlian kami dalam teknologi Artificial Intelligent (AI). Menyediakan lingkungan yang aman dan sehat bagi semua pengguna akan terus menjadi prioritas kami,” kata James.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)