Bilik Kerja Kurangi Pengangguran Generasi Mileneal

Foto: Istimewa

Kemajuan teknologi banyak memberi kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain untuk transaksi online, kini ada platform penyedia informasi lapangan pekerjaan. Kini hadir startup Sumber Daya Manusia digital baru diusung PT Bilik Sinergi Indonesia. Aplikasi ini, akan menjadi penghubung bagi kalangan penyedia dan pencari kerja.

"Aplikasi Bilik Kerja diluncurkan untuk membantu fresh graduate atau siapapun yang sedang mencari kerja dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan mereka inginkan," kata Putut Wibowo, CEO PT Bilik Sinergi Indonesia.

Diperkirakan angka lulusan sekolah lanjutan atas maupun sarjana sekitar dua juta setiap tahunnya merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk menstimulasi penciptaan lapangan kerja baru. Upaya penciptaan lahan kerja baru tersebut ditujukan agar pasar kerja dapat menyerap tenaga kerja yang tiap tahunnya selalu bertambah, terutama pengangguran muda atau mereka yang baru lulus sekolah lanjutan atas maupun sarjana.

Di era yang serba digital saat ini, akan sangat mudah dalam mencari pekerjaan apabila dapat dilakukan secara digital melalui sebuah aplikasi yang bisa dioperasikan hanya lewat gawai atau gadget. Dan hampir dipastikan rata-rata generasi milenial akan sangat responsif bila bersangkutan dengan teknologi digital.

Kehadiran aplikasi ini diharapkan bisa mengurangi pengangguran melenial, mengingat aplikasi ini sangat mudah digunakan melalui smart phone Android, cara dengan mendownliad aplikasi Bilik Kerja versi terbaru.

Setelah masuk kedalam aplikasi, pengguna sudah bisa memilih layanan Bilik Kerja, memasukkan jenis pekerjaan, melakukan pembayaran, memberikan feedback. Setelah itu akan menerima data order server dan diarahkan untuk mengisi data pribadi untuk kemudian dikirimkan ke partner atau penyedia pekerjaan.

Keuntungan adanya aplikasi ini bagi pengguna dalam menggunakan aplikasi Bilik Kerja yang antara lain seperti fleksibel dalam bekerja, pekerjaan yang spesifik, partner yang terlatih dan harga yang kompetitif. Diakui Putut, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, dalam penyediaan lapangan kerja yang ada di aplikasi ini. Misalnya menjalin kerja sama dengan Hotel Human Resources Managers Association (HRMA).

Putut menambahkan, pihaknya menargetkan ketersediaan 7.000 lapangan pekerjaan di kuartal pertama tahun. "Sedangkan untuk target keseluruhannya, kita harapkan bisa mencapai 75.000 lapangan pekerjaan yang terdaftar sampai dengan akhir tahun ini," jelasnya.

Bilik Kerja sendiri, kata Putut, belum tersedia secara umum untuk kalangan masyarakat umum. Pihaknya, masih bertahap melakukan pengembangan untuk aplikasi ini. "Aplikasi yang kami kembangkan memang belum tersedia di Google Play Store. Kami masih bertahap untuk menuju kesana. Untuk kalangan pencari kerja, bisa mendapatkannya dengan mengunjungi situs resmi kami," kata Putut.

Bilik Kerja memiliki visi menjadi perusahan sumber daya manusia digital online yang paling terpercaya dengan mengenalkan konsep baru tentang proses digital dari perekrutan dan penggajian untuk pekerjaan paruh waktu.

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)