Bioskop di Jakarta Akan Segera Dibuka

Dalam waktu dekat bioskop dan cinema di wilayah DKI Jakarta akan segera dibuka. Pembukaan ini merujuk pada studi dan kajian para pakar dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Parekraf.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, saat ini pembicaraan dengan penyedia bioskop telah dilakukan. Namun, keputusan mengenai waktu pembukaan bioskop belum ditentukan mengingat harus melihat kondisi Jakarta dan persiapan dari pelaku sektor ini.

"Kami selalu garis bawahi kepada mereka, persiapan dilakukan tapi keputusan mengenai pembukaan nanti kita melihat kondisi Jakarta. Dan juga kita melihat bagaimana kesiapan pelaku mengeksekusinya," kata Anies saat konferensi pers tentang pembukaan bioskop di DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19 secara virtual, Rabu (26/08/2020).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar.

Salah satu poin aturannya adalah seluruh penonton harus mengenakan masker hingga film selesai, pembersihan ruangan secara teratur, pengaturan tempat duduk di dalam teater, dan pembelian tiket harus dilakukan secara daring.

Pemerintah DKI juga bakal mewajibkan seluruh karyawan dan penonton bioskop menaati prinsip 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Nantinya, proses keluar-masuk bioskop juga diatur.

Anies pun menegaskan Pemprov DKI tak segan menutup bioskop apabila ditemukan pelanggaran protokol kesehatan. "Bila ada kegiatan bioskop yang nanti tidak mengikuti protokol kesehatan, maka langkah yang dilakukan DKI cukup sederhana yaitu menutup kegiatan usahanya," kata Anies.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)