Marketing Trends zkumparan

Bisnis Arief Muhammad dan Caranya Menarik Konsumen

Member JKT48 Zee saat duel makan nasi Padang dengan pemilk restoran Padang Payakumbuah Arief Muhammad. (Dok. IG Arief Muhammad)

Arief Muhammad selaku pemilik Resto Padang Payakumbuah kembali membuat geger. Pada Minggu (12/02/2023) dia memposting foto Padang Payakumbuah segera buka di Kemang Raya, Jakarta Selatan. Padahal, lokasi ini sebelumnya adalah Indomaret Kemang Raya yang dulu ramai pengunjung, namun bangkrut dan tutup.

Dalam postingan tersebut, Arief menyertakan komentar-komentar netizen tentang Indomaret Kemang Raya. ”The end of an era. Indomaret Kemang Raya yang tadinya ramai nyaingin Seven Eleven ikut tutup juga,” kata netizen Dondi yang di capture oleh Arief. Hingga Selasa (14/02/2023) pukul 09.00 WIB, postingan ini telah disukai oleh 198 ribu orang dan mengundang 3.766 komentar. Arief memberi keterangan foto dengan new era.

Rumah Makan Padang Payakumbuah milik Arief saat ini telah buka di dua tempat yakni di Gading Serpong, Tangerang Selatan dan cabang pertama di Ciater BSD, Tangerang Selatan. Satu outlet diperkirakan omzetnya mencapai puluhan juta per hari.

Dalam mempromosikan usaha restoran Padang miliknya, Arief seringkali menggunakan media sosial dan event yang berbeda dari yang lain. Selain contoh di atas, beberapa waktu lalu juga dia mengomentari ucapan Zee member JKT48 yang mengatakan ‘Ingin punya suami yang kalau makan masakan Padang pakai sendok’.

Membalas ucapan tersebut, Arief mengatakan bahwa makan nasi Padang lebih efisien pakai tangan. Lalu dirinya menantang Zee due makan Nasi Padang pakai tangan vs pakai sendok. Arief menawarkan hadiah makan di resto Padang Payakumbuah seumur hidup. Tantangan ini disambut baik oleh Zee dan sempat viral di Twitter. Duel ini berakhir seri.

Selain berbisnis kuliner khas Padang, Ariefjuga berbisnis kuliner bakso aci yakni Bakso Aci Akang. Dilihat dari Instagram resminya, Bakso Aci Akang telah buka di 124 tempat terletak di Pulau Jawa, Bali, hingga Bangka Belitung. Outlet terbanyak ada di Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) dengan total outlet 26.

Selanjutnya Arief pun menggeluti bisnis pod rokok elektrik atau vape Elf Bar Indonesia. Dalam Instagram resmi Elf Bar, Arief mengklaim Elf Bar adalah merek pod sekali pakai terbesar di dunia. Bisnis ini digeluti sejak Mei 2022 lalu.

Arief juga memiliki bisnis di bidang fesyen The Billionaires Project. Bisnis ia geluti sejak Maret 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini. Saat mempromosikan bisnis fesyennya, Arief menggunakan momentum Pemilu yang saat ini tengah ramai. Dia memasang iklan di billboard layaknya caleg yang tengah kampanye.

Marketing yang Cerdas

Pengamat Marketing dan Konsultan Bisnis Yuswohady memuji cara Arief Muhammad dalam mempromosikan usahanya. Menurutnya, Arief cerdas memanfaatkan momentum dan menciptakan ide kreatif, sehingga marketingnya seringkali berhasil menarik atensi publik.

“Yang dilakukan Arief Muhammad itu sebenarnya dia mencoba membangun social currency. Yakni dia menciptakan satu pesan dan hal yang kreatif, nyentrik, berani beda, dan menimbulkan kesan yang ‘Wah kayaknya teman saya perlu tahu (informasi) ini, makannya nanti di forward, tagging, atau masukkan di grup WA’ sehingga viral,” kata Yuswo saat dihubungi SWA Online melalui sambungan telepon, Selasa (14/02/2023).

Yuswo melanjutkan saat ini dengan adanya media sosial telah terjadi demokratisasi, di mana setiap orang atau pengusaha dapat mempromosikan usahanya dengan gratis, mudah, dan jangkauan luas. Viralitas itu lebih powerfull dibandingkan pasang iklan di TV, karena begitu viral maka seluruh Indonesia atau dunia dalam ukuran detik itu tahu.

“Sementara iklan di TV kan diulang-ulang, sehari bisa 30 kali tetapi belum tentu orang melihat iklan itu karena sifatnya jualan dan tidak otentik. Arief Muhammad dia pintar mengkombinasikan antara konten dengan pesan jualan, dia juga cerdas dalam mengemasnya,” ucap penulis buku FOMO Marketing ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved