Bisnis Bosch Indonesia Tumbuh Dua Digit

Perusahaan asal Jerman yang didirikan 1886 ini dbangun independen secara finansial oleh keluarga Bosch. Kemandirian inilah yang membuat Bosch dapat menentukan sendiri akan berkembang seperti kemauannya.

Tahun 2018, Bosch masuk top 10 perusahaan besar Jerman. Hingga kini Bosch memiliki 390 ribu associate dan 440 subsidiary di 60 negara di seluruh dunia. Tahun lalu, Bosch berhasil mencetak penjualannya sebesar Euro 73,1 miliar secara global. Bisnis Bosch di Indonesia adalah komponen otomotif, alat diagnostik, perlengkapan otomotif, solusi hidrolik drive & control, peralatan rumah tangga, power tools, sitem keamanan, serta solusi pemanasan.

Memasuki tahun baru, Presiden Direktur PT Robert Bosch, Andrew Powell berharap seluruh entitas bisnis yang dijalankan perusahaan dapat tumbuh signifikan. Pihaknya  berharap dapat terus menjaga compliance dan governance cara berbisnis yang dilakukan perusahaan. “Tahun 2016, di tengah kondisi ekonomi yang lesu, justru Bosch tumbuh dua digit, di luar perkiraan. Tahun ini kami juga optimistis tumbuh dua digit lagi,” ungkapnya. Bosch Indonesia di tahun 2016 berhasil meraup penjualan sebesar Rp1,2 triliun dengan karyawan 200-an orang.

Upayanya untuk mencapai target tahun ini dengan lebih jeli mengamati peluang bisnis agar memperoleh hasil yang fantastis. Sejak 2013 Bosch telah membangun pabriknya di Cikarang senilai Rp139 miliar untuk produk otomotif (divisi gasoline system). Pada Mei 2017, Bosch menggandeng produsen motor lokal Viar Motor untuk menggarap bersama sepeda motor listrik di Indonesia.

“Tahun ini kami akan terus mendorong seluruh divisi untuk meningkatkan dan memaksimalkan potensi yang ada di Indonesia. Kami berusaha menggarapnya secara maksimal seluruh potensi yang ada,” ujarnya. Kepemimpinannya yang baru dijalankan Andrew tahun lalu ini berusaha diwujudkan untuk menciptakan peluang dari potensi yang ada di Indonesia.

Reportase: Herning Banirestu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)