Bisnis Platform OTT Vidio Tumbuh Tiga Kali Lipat Sepanjang 2020

Pembatasan sosial dan himbauan di rumah saja ‘memaksa’ banyak orang mengisi waktu luang dengan kegiatan hiburan yang dilakukan di rumah.

Survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memaparkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II tahun 2020 meningkat menjadi 73,7% dari populasi atau setara 196,7 juta pengguna, dimana mayoritas pengguna mengakses internet lebih dari 8 jam dalam satu hari, dengan 49,3% di antaranya menonton tayangan video online. Hal ini turut berpengaruh pada Vidio perusahaan layanan OTT milik Indonesia, mencatat peningkatan jumlah pengguna aktif tiap bulannya sebanyak 60 juta orang berdasarkan konten video on demand (VOD) ditonton. Hal ini meningkat hingga 1,5 kali lipat sepanjang tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019.

“Pandemi yang terjadi di seluruh dunia menjadikan 2020 tahun yang sangat unik. Hal tersebut menyebabkan adopsi OTT di Indonesia lebih cepat dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Berdasarkan data survei The Trade Desk dan Kantar Indonesia menduduki peringkat pertama dengan angka sekitar 66 juta orang Indonesia yang mayoritas pengguna aktifnya adalah perempuan, menggunakan layanan Over-The-Top (OTT) platform untuk menonton video profesional melalui internet,” papar Rezki Yanuar, VP Marketing Vidio.

Sementara itu perilaku konsumen juga mengalami perubahan. Selama tahun 2020 Vidio melakukan riset terdapat perubahan perilaku masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya angka minute stream hingga 1,9 kali lipat dan total play 1,5 kali lipat di tahun 2020. Jumlah penonton televisi melalui aplikasi Vidio mengalami peningkatan dan menjadi peringkat pertama sebagai aplikasi dengan jumlah mobile visitor terbanyak , dimana SCTV dan Indosiar menjadi saluran TV yang paling banyak ditonton. Jumlah pengguna yang meng-install Vidio melalui smart TV juga sedang mengalami peningkatan.

Vidio terus memberikan hiburan berkualitas melalui Vidio Original Series. Tina Arwin selaku Chief of Content Vidio menyampaikan komitmen Vidio dalam menghadirkan serial yang berkualitas bermutu, menghibur dan menggugah perhatian penonton dengan menambah 2 judul terbaru Vidio Original Series setiap bulannya di tahun 2021. Dua judul terbaru Vidio Original series antara lain adalah “Scandal” produksi Sky Films, diperankan oleh Atiqah Hasiholan dan Ibnu Jamil, dan “Brutal” produksi Sinemart Production.

Target di 2021 nanti, menurut Rezki, pihaknya yakin bisa tumbuh diatas kinerja 2020, tetapi Ia mengaku tidak bisa mematok angka persentase untuk pertumbuhan per satu tahun karena diprediksi akan ada banyak perubahan dan fluktuasi setiap hari akibat pandemi yang masih berlanjut. "Yang jelas di 2021 kami akan lebih fokus menggarap dan menyuguhkan konten lokal yang benar-benar sesuai selera pasar Indonesia karena ini adalah kekuatan selling Vidio dibandingkan OTT lainnya," jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)