Bisnis Sedang Lesu, PT Smart Tidak Kurangi Hak Karyawan

step0001

Semua pengusaha tentu tidak menginginkan kinerja bisnisnya buruk, karena hal ini bisa berimbas pada kesejahteraan karyawannya. Namun faktanya, kesulitan bisnis sering tidak bisa dihindari. Terlebih jika dipicu oleh faktor global. Sektor perkebunan swait, karet, minyak dan gas, batu bara, timah, serta beberapa komoditas lainnya tengah anjlok karena lesunya pasar dunia. Di tengah situasi seperti ini, salah satu cara agar bisa bertahan adalah mengubah strategi penggajian. Beberapa perusahaan terpaksa merumahkan karyawannya. Sebagai contoh, PT Bara Jaya International Tbk. merumahkan 850 karyawannya per Januari 2016. Bagaimana dengan perkebunan kelapa sawit?

PT Smart Tbk., mengaku tidak mengurangi jumlah karyawan secara signifikan, namun lebih ke arah memperkuat sendi-sendi organisaasi agar lebih kompetitif dan all out. “Dilihat dari industri kami, kami sudah menanam pohon. Pada saat industri turun pohonnya tidak jadi berkurang. Jumlah pohonnya tetap sama. Artinya kami harus tetap memastikan pohon-pohon tersebut harus dikelola dengan optimal. Sehingga talentpun harus tetap dijaga,” ujar Harjanto Tanuwidjaja, Chief Human Resource PT Smart Tbk.. Beruntung talent yang ada di perusahaan perkebunan sawit tersebut mengerti mengenai kondisi perusahaan sehingga mereka bekerja lebih giat dan lebih produktif untuk membantu perusahaan dalam menghadapi dampak-dampak industri.

Harjanto menambahakan bahwa perusahaan tidak mengurangi gaji dan bonus karyawan. “ Ya kalo potong gaji karena oplah turun bisa didemo sama karyawan-karyawan kami. Untuk bonus itu dilihat dari peforma dari masing-masing karyawan. Sama seperti tadi, mereka sudah kerja mati-matiaan tapi tidak dikasih bonus kan bisa didemo juga. Intinya, kami tidak mengurangi apa yang sudah menjadi hak karyawan,” tegasnya.

Bagaimana cara PT Smart Tbk. menarik talent dari luar? “Kami menawarkan proposisi bahwa mereka bisa belajar banyak disini mengingat anak perusahaan kami ini banyak. Kami membentuk Sinarmas Academy sekitar 2-3 tahun lalu. Di sinilah kami mencetak calon pemimpin perusahaan. Kami menawarkan para calon talent untuk belajar dari para tenaga ahli yang sudah puluhan tahun bergabung dengan kami. Dan kami memberikan kesempatan berkarier di anak perusahaan Sinarmas. Jadi talent bisa dirotasi di anak-anak perusahaan Sinarmas asal sesuai dengan kebutuhan dan skill yang dimiliki oleh para talent tersebut,” jelasnya. Anda tertarik kerja di PT Smart? (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Inilah Kota Bisnis Terbaik Bagi Kalangan Pengusaha Nasional

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, berdasarkan survei Indonesia Best Cities for Business (Indonesia BCB) 2016, menempati peringkat pertama sebagai kota terbaik...

Close