Marketing Trends

Bisnis Sneakers Reynard Gozali

Toko sepatu sneakers Boomboom.id

Siapa tidak kenal sepatu casual sneakers? Sekarang sepatu ini tak hanya kebutuhan, tapi telah menjadi sebuah fashion. Pasalnya sneakers sudah menjadi sebuah budaya ‘hypebeast’ dalam mengekspresikan karakter personal agar terlihat kekinian. Belakangan ini marak anak-anak muda yang melirik sneakers sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Itulah yang terjadi pada Reynard Gozali. Pemuda kelahiran 29 Agustus 1996 ini sudah memulai bisnis sneakers dengan nama Boomboom.id sejak berumur 19 tahun. Butuh waktu dan proses yang tidak singkat bagi Rey untuk membangun bisnis ini.

Diungkapkannya, bermula dari menjual via Instagram sejak tahun 2015 dengan hanya modal sebagai perantara untuk mencarikan sepatu-sepatu konsumennya, sekarang Rey sudah membangun toko sendiri dengan ratusan koleksi sneakers di kawasan Kedoya, Jakarta Barat.

Konsep dan ide toko sneakers dibangun Rey tidak main-main. “Selain sering diliput oleh para Youtubers kondang seperti Raffi Ahmad, Andre Taulany, Roy Ricardo, dan lainnya, Boomboom.id pernah melakukan kolaborasi eksklusif dengan Sean Wotherspoon pada tahun 2019, sang desainer sepatu Nike yang sangat kodang di kancah internasional,” katanya.

Menurut Rey, memulai bisnis itu tidak harus melulu masalah modal, yang penting tekun dan konsisten dalam menjalani. “Saya selalu tanamkan dalam diri saya untuk melakukan hal hal kecil dulu, karena hal hal kecil itu bisa menjadi besar kalau kita konsisten dan kerja keras,” ucapnya.

Berkat kegigihannya, boomboom.id saat ini menjadi salah satu toko sneakers langganan para influencer dan Youtubers. “Kami sering mendapatkan produk-produk limited yang sangat susah dicari. Tak perlu repot untuk keluar negeri atau antre, karena dengan koneksi kami dapat mencarikan sepatu-sepatu tersebut,” kata dia. Alhasil, Boomboom.id kian menjadi rekomendasi bagi para kolektor sneakers.

Tidak hanya urusan uang, Rey juga peduli dengan kegiatan sosial. Di tengah pandemi berkepanjangan ini, Rey berinisiasi melakukan gerakan sosial #Boomboomcare yaitu membagi-bagikan makanan dan minuman kepada para tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Rey berharap para pengusaha muda juga ikut tergerak untuk lebih peduli terhadap kondisi sekarang ini.

Rey berharap tak sekadar menjadi reseller sneakers. Ke depannya dia akan membangun sebuah brand sendiri, sehingga bakal meluncurkan sneakers berkualitas, namun harga yang terjangkau.

Menurutnya, pasar brand sepatu lokal sekarang sudah banyak diterima dan tidak dipandang sebelah mata lagi, sehingga akan menjadi peluang d masa depan. “Saya akan membuat konten-konten menarik yang beda sama toko lain, karena saat pandemi fokus online. Visi ke depan, ingin menjadi pemimpin pasar di dunia reseller dan kolaborasi unik yang belum pernah dilakukan orang lain dengan membawa nama harum Indonesia,” dia menuturkan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved