BlackBerry Rampungkan Akuisisi Cylance

BlackBerry telah mengambil langkah besar untuk menjadi perusahaan kecerdasan buatan dan keamanan siber terbesar di dunia

BlackBerry Limited telah merampungkan proses akuisisi perusahaan swasta pengembang artificial intelligence (kecerdasan buatan) dan keamanan siber bernama Cylance yang berasal dari Irvine, California.

"Hari ini, BlackBerry telah mengambil langkah besar untuk menjadi perusahaan kecerdasan buatan dan keamanan siber terbesar di dunia," ujar John Chen, Chairman and CEO BlackBerry.  Mengamankan endpoints dan data yang bergerak melalui endpoints merupakan hal yang sangat penting di dunia yang saat ini semakin terhubung. Melalui penggabungan teknologi yang dimiliki Cylance dengan solusi keamanan siber dari BlackBerry, pihaknya akan membantu mitra perusahaan dalam menghubungkan, melindungi, dan membangun endpoints yang aman dan dapat dipercaya oleh pengguna.

Teknologi machine learning (pembelajaran mesin) dan kecerdasan buatan milik Cylance merupakan tambahan yang strategis bagi portofolio komunikasi end-to-end yang aman dari BlackBerry. Teknologi kecerdasan buatan milik Cylance yang bersifat embeddable atau dapat dibenamkan juga akan mempercepat pengembangan BlackBerry Spark, yaitu sebuah platform komunikasi yang aman untuk mendukung Internet of Things (IoT).

Sebagai Presiden BlackBerry Cylance, Stuart McClure menerapkan pendekatan berbasis matematika visioner untuk mendeteksi, mencegah, dan merespons ancaman siber, serta memimpin tim besar perusaahaan yang terdiri dari insinyur dan ilmuwan data yang terampil dalam menyediakan produk dan layanan terpercaya untuk lebih dari 4.000 perusahaan di seluruh dunia.

BlackBerry for the enterprise (layanan BlackBerry untuk perusahaan) mampu membuktikan keberhasilannya secara terus-menerus. Begitu juga Cylance for the enterprise (layanan Cylance untuk perusahaan). Sudah jelas bahwa saat ini, perangkat seluler merupakan sebuah attack vector (celah dalam teknologi/sistem yang dapat dieksploitasi oleh peretas) dan banyak perusahaan yang belum siap mempertahankan hal tersebut. “Kolaborasi antara pakar seluler dan pakar keamanan AI merupakan sesuatu yang sangat dinantikan,” ujar Daniel Shuler, Chief Information Security Officer of Phoenix Children’s Hospital.

Mengingat semakin meningkatnya ancaman siber serta ketergantungan kita terhadap perangkat IoT yang terhubung, potensi terjadinya bencana digital akibat pelanggaran baik yang disengaja ataupun tak disengaja juga menjadi semakin besar dan hal ini mengkhawatirkan. BlackBerry telah menjadi vendor independen yang berfokus pada pengamanan perangkat-perangkat terhubung. Rampungnya proses akuisisi Cylance merupakan sebuah momen yang dapat membawa perubahan besar bagi perusahaan maupun industri IoT. “Di dunia yang saat ini penuh dengan marabahaya, keamanan bukanlah sebuah pilihan, melainkan suatu keharusa,” kata Rob Enderle, CEO Grup Enderle.

Brian Partridge, Research Vice President at 451 Research, menambahkan, dalam kesepakatan ini, BlackBerry telah memperoleh teknologi keamanan canggih yang dapat digunakan untuk melindungi platform yang sudah ada serta perlindungan tambahan yang sejalan dengan visi pasar dan fokus pelanggan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)