Blanja.com dan BNI Tingkatkan Kompetensi UKM Papua

#BLANJAJemput UKM Papua Untuk Go Online Blanja.com.

Perkembangan teknologi memberikan kesempatan para pelaku UKM merambah pasar yang lebih luas lewat kanal digital.

Situasi ini yang mendorong BNI bekerja sama dengan Blanja.com mengadakan pelatihan pemasaran online terhadap para pelaku UKM Papua.

Selama Agustus hingga September 2017, pelatihan digelar untuk mendukung BUMN mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai “The Digital Energy of Asia.” Pendampingan UKM di beberapa lokasi di Indonesia dilakukan bersama Blanja.com sebagai satu-satunya e-commerce BUMN. Blanja dipilih untuk mempersiapkan para UKM binaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Papua dalam merambah pasar yang lebih luas dengan melakukan pemasaran online di platform marketplace.

Ada 4 kabupaten di Papua yang sudah dijangkau dan dionlinekan melalui platform BLANJA.com, diantaranya Kabupaten Biak, Fak Fak, dan terakhir Jayapura. Dari ke-3 daerah tersebut, sudah ada kurang lebih 200 UKM lokal yang siap Go Online. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia.

Menurut CEO Blanja.com, Aulia E. Marinto, untuk memasuki dunia online, UKM tak hanya menyiapkan barang atau produk yang berkualitas. Mereka juga harus memiliki mental yang kuat untuk bisa bersaing sehingga tidak hanya menjadi seorang penjual online, tetapi bisa menjadi pebisnis online.

Mengusung tagline #BlanjaJemputUKM untuk roadshow ini, Blanja berharap UKM Papua bisa masuk platform online untuk memasarkan produk-produk asli Indonesia. Beragam aksesoris dan hiasan berbahan baku lokal, makanan dan minuman, peralatan rumah tangga serta produk pertanian asal UKM Papua dapat dikenal nasional dan mengglobal lewat industri digital ini. Menurut Aulia, produk asal Papua yang paling banyak diminati oleh pelanggan di BLANJA.com adalah produk kerajinan seperti tas yang terbuat dari kelapa atau kulit pohon.

Pada acara ini Blanja memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Juga, dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar internasional melalui platform eBay. Hal ini menjadi motivasi bagi UKM untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)