Blibli Dorong Pengembangan UMKM di Jawa Barat

Blibli.com mendukung program-program Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong kontribusi industri UMKM pada pendapatan daerah. Sejak berdiri di 2011, Blibli sudah membantu 3.000 UMKM di seluruh Indonesia, termasuk Jabar, ke ekosistem omnichannel, atau online dan offline Blibli.

Di hadapan jajaran Pemprov Jabar, mal online Blibli.com resmi membuka roadshow The Big Start, kompetisi wirausaha bagi pengusaha kreatif tergolong UMKM, di Gedung Sate, Bandung (12/7/2019). Acara ini juga disemarakkan oleh 100 pengusaha kreatif yang akan memamerkan produknya di festival UMKM The Big Start yang berlangsung 12-14 Juli 2019.

Iwa Karniwa, Sekretaris Daerah Jabar, mengatakan, Blibli sudah lama menjalin kemitraan dalam memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM Jabar. Pelatihan-pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan platform penjualan online untuk memperluas usaha mereka.

“Kesuksesan yang dicapai UMKM secara digital akan berkontribusi pada realisasi target Pemprov Jabar dalam memajukan 5.000 UMKM. Dengan demikian mendukung target Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020,” jelas Iwa.

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com, mengungkapkan, “Saat ini, ada 100 ribu produk UMKM Jabar dan ribuan sudah bergabung di Blibli per Kuartal II/2019, atau meningkat 125% dibanding periode yang sama tahun 2018.” Melalui kompetisi TBS Bandung ini, Blibli ingin mewujudkan komitmen jangka panjang mengembangkan UMKM, sejalan dengan visi-misi program Pemprov Jabar.

Kompetisi The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar dan akan fokus pada 4 kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya. Blibli.com akan menggandeng empat profesional pada bidangnya untuk menjadi juri.

Juri-juri tahun ini adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.

Melalui TBS Season 4 ini, Blibi juga memfasilitasi para pengusaha kreatif dalam menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha. Ketujuh tantangan ini adalah pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreatifitas dan inovasi.”

Berikut adalah rincian program-program TBS yang akan membantu creativepreneur untuk menjawab tantangan pasar: pertama, jaringan dengan menghubungkan pengusaha kreatif creativepreneur dengan pasar internasional:

Untuk pertama kalinya dalam tahun ke-4, TBS akan menghubungkan pengusaha kreatif Indonesia dengan pasar internasional dengan membawa mereka ke ajang pameran luar negeri melalui kerja sama dengan Kementerian Perindustrian. Blibli menargetkan kehadiran UMKM di beberapa international expo di Eropa dan Amerika.

Program kedua, pasar (market creation) dengan memberikan kesempatan bagi pengusaha kreatif untuk berkolaborasi dengan merek-merek terkemuka Blibli memberikan kesempatan bagi para peserta untuk ikut serta dalam “The Creator”, proyek kolaborasi yang menyatukan pengusaha kreatif dengan usaha yang sudah established. The Creator tahun ini akan menggandeng 15 merek-merek dengan 15 Influencer (KOL), termasuk Kanva Home & Living x Hari Prast, Pipiltin Cocoa x Chef Juna dan Chiel x Cindercella.

Ketiga, program pengetahuan bisnis melalui pelatihan pemasaran dan manajeman bisnis. Ribuan creativepreneur yang telah mendaftar di TBS akan dikurasi menjadi top 100. Mereka kemudian akan dibantu untuk masuk ke platform Blibli dan akan diberikan program pendampingan oleh tim Galeri Indonesia.

Selanjutnya, akan dipilih top 20 usaha kreatif yang akan diberikan pelatihan secara intensif mengenai marketing & branding, financial planning, hukum usaha, dan keterampilan pemasaran lainnya. Pada akhirnya, akan terpilih empat pengusaha kreatif muda terbaik untuk diberikan hadiah sebagai modal usaha.

Program kelima, peningkatan kreativitas dan inovasi sebagai tujuan akhir Seluruh pelatihan dan kolaborasi bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi produk-produk hasil pengusaha kreatif. Tujuannya adalan meningkatkan daya saing produk hasil pengusaha kreatif di pasar Indonesia maupun internasional.

Geoffrey L. Dermawan, SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, mengatakan, tidak berhenti di situ, para peserta juga mendapat kesempatan menaruh produk-produk kreatif mereka di Galeri Indonesia, kategori khusus di Blibli bagi produk kreatif hasil produksi lokal.

Produk-produk di Galeri Indonesia jatuh dalam kelompok-kelompok utama, yaitu fashion moda, kesehatan & kecantikan, kuliner, rumah dan dekorasi, serta seni dan kerajinan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)