BMW dan Alibaba Jalin Kemitraan untuk Promosikan Transformasi Digital

BMW dan Alibaba Group menandatangani perjanjian kemitraan strategis untuk mengimplementasikan strategi digitalisasi serta menghadirkan pengalaman digital online-to-offline bagi para pelanggan BMW.

Kedua belah pihak akan memanfaatkan sumber daya masing-masing untuk menjalin kolaborasi komprehensif dalam berbagai bidang, seperti branding, pemasaran, distribusi, operasional, layanan, dan infrastruktur teknologi informatika.

Jochen Goller, President and CEO of BMW Group Region China mengatakan, kolaborasi lintas industri dan pertukaran inovasi secara terbuka sangat diperlukan dalam mempercepat transformasi digital perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan teknologi, Alibaba dinilai memiliki kompetensi unggul dalam hal teknologi digital, platform berskala besar, serta hal-hal operasional untuk melayani pelanggan.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama untuk menghadirkan pengalaman digital online-ke-offline secara holistik bagi pelanggan kami, dan pada saat yang sama meningkatkan portofolio produk dan layanan digital kami," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima SWA Online, Rabu (28/10/2020).

Menurut nota kesepahaman bisnis yang telah ditandatangani, BMW dan Alibaba akan bersama-sama meluncurkan bisnis penjualan dan layanan online pertama yang melibatkan dealer brand otomotif premium, untuk menciptakan pengalaman digital online-to-offline yang lebih mulus.

Pelanggan dapat membeli mobil BMW dan MINI secara online, mendaftar sebagai anggota komunitas untuk mendapatkan keuntungan eksklusif, serta melakukan reservasi online untuk berbagai layanan, mulai dari test drive, perbaikan, hingga perawatan kendaraan menggunakan platform Alibaba seperti Taobao, Tmall, Alipay, dan Amap.

Untuk membantu para pelanggan menentukan pembelian mobil impian, terdapat pula layanan online yang membantu menentukan paket pembayaran yang disesuaikan dengan kondisi keuangan pelanggan.

Dengan demikian, BMW diklaim akan menjadi pionir yang memulai transformasi digital untuk perusahaan otomotif, dengan menjadi produsen mobil pertama yang memanfaatkan Alibaba Business Operating System (ABOS). Sistem ini akan membantu mempercepat proses digitalisasi di seluruh segmen bisnis BMW.

Tujuannya adalah agar BMW dapat menyediakan layanan komprehensif untuk para pelanggan, dan mengalami pertumbuhan yang pesat dengan memperluas jaringan serta melayani para pelanggan dengan lebih efisien.

"Di masa yang akan datang, pelanggan dari platform online akan diarahkan ke dealer BMW untuk membuka peluang bisnis baru yang lebih besar. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kesetiaan dan interaksi pelanggan, serta mendorong pertumbuhan bisnis," tambah dia.

Jet Jing, Vice President of Alibaba Group and Secretary General of Enterprise Service for Alibaba Digital Economy menjelaskan, di era digital, semua operasional bisnis sedang mengalami transformasi. Digitalisasi yang efisien akan mampu meningkatkan performa bisnis secara holistik dan sistematis.

"ABOS membantu perusahaan berfokus pada 11 elemen bisnis utama yakni branding, produk, penjualan, pemasaran, saluran distribusi, manufaktur, layanan, keuangan, logistik & rantai pasokan, struktur organisasi, dan teknologi informasi, yang akan memungkinkan operasi digital secara menyeluruh di era modern ini," katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)