BNI Berperan Dioperasikannya Tol Gempol - Pasuruan Seksi 2

Jalan Tol Ruas Gempol – Pasuruan Seksi 2 (Rembang – Pasuruan) sepanjang 6,6 kilometer (km) sudah diresmikan dan siap beroperasi.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berperan dalam pembangunan jalan tol tersebut karena tergabung dalam sindikasi lembaga keuangan pemberi kredit pembangunan Proyek Jalan Tol Ruas Gempol - Pasuruan yang dikerjakan oleh PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP) atau PT Transmarga Jatim Pasuruan.

Porsi BNI dalam pembiayaan sindikasi tersebut adalah sebesar Rp 894 miliar atau setara 31,7% dari porsi sindikasi perbankan yang mencapai Rp 2,82 triliun. Pembiayaan sindikasi oleh BNI dan bank lain menutup sebagian dari kebutuhan pembiayaan proyek Jalan Tol Gempol - Pasuruan yang totalnya mencapai Rp 4,03 triliun.

Pengoperasian Ruas Jalan Tol Gempol – Pasuruan Seksi 2 (Rembang – Pasuruan) tersebut diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Pasuruan, Jawa Timur, (22 Juni 2018).

JGP memegang konsesi Jalan Tol Ruas Gempol – Pasuruan yang memiliki total panjang 34,15 km selama 45 tahun, yaitu sejak 2013 hingga 2058. Dalam perjanjian kredit sindikasi tersebut, BNI bertindak sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runner (JMLAB). Bank-bank yang juga turut terlibat dalam pembiayaan sindikasi tersebut Bank Mandiri, BRI dan Bank Jatim.

“Pemberian kredit sindikasi oleh BNI ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam hal percepatan pembangunan infrastruktur. Diharapkan Jalan Tol Ruas Gempol – Pasuruan ini dapat memudahkan mobilisasi masyarakat dan berujung pada peningkatan perputaran ekonomi khususnya di area Jawa bagian timur,” ujar Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI.

Jalan Tol Ruas Gempol – Pasuruan terbagi menjadi 3 seksi. Untuk Seksi 1, yaitu Gempol – Rembang sepanjang 13,90 km telah resmi beroperasi sejak 25 Agustus 2017, Seksi 2 atau Ruas Rembang – Pasuruan beroperasi mulai 2 Juni 2018.

Sementara itu, Seksi 3 yaitu Ruas Pasuruan – Grati sepanjang 13,65 km direncanakan akan beroperasi pada Triwulan 1 tahun 2019. Perkembangan proyek hingga Mei 2018 untuk pembebasan lahan pada Seksi 1 telah mencapai 100%, Seksi 2 mencapai 95,3%, dan Seksi 3 mencapai 89,6%. Sedangkan perkembangan konstruksi untuk Seksi 1 telah 100% (telah beroperasi), Seksi 2 mencapai 93,23%; dan Seksi 3 mencapai 28,25%

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!