BNI dan Angkasa Pura Kargo Jalin Kerja Sama Cashless

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Angkasa Pura Kargo meningkatkan cakupan kerja sama dengan menambah ragam implementasi transaksi non tunai atau
cashless pada berbagai aktivitas yang berlangsung di area kerja Angkasa Pura Kargo (APK).

Kerja sama ini bertujuan untuk membantu operasional APK dan diharapkan akan lebih memudahkan para pengguna jasa APK ke depan.  Rencananya akan langsung diujicoba di  Bandara Soekarno Hatta dan akan diterapkan segera ke seluruh kawasan kargo pada bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II, antara lain Bandara Kuala Namu, Bandara Mahmud Badaruddin, hingga Bandara Minangkabau.

Adi Sulistyowati, Direktur Consumer Banking BNI, mengatakan, melalui kerja sama ini, BNI menyediakan sistem cashless  terpadu, mulai dari transaksi yang dilakukan di area parkir dengan menerapkan sistem tap in dan tap out,  penggunaan kartu uang elektronik BNI yaitu TapCash, transaksi pembayaran di area Regulated Agent dan Warehouse menggunakan Virtual Account Debit yang pertama di lingkungan kargo dan EDC, dan penggunaan BNI yap! atau aplikasi pembayaran yang bersumber dari 3 sumber sekaligus yaitu Kartu Kredit BNI, Kartu Debit BNI, dan UnikQu.

"Melalui transaksi cashless ini, diharapkan menjadi solusi bisnis dalam pengelolaan keuangan institusi secara terpadu yang lebih efektif dan lebih efisien di APK. Juga, dapat memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan transaksi bagi pengguna jasa di APK seperti agen, shipper, dan perusahaan logistik,” ujarnya.

Denny Fikri, Direktur Utama PT Angkasa Pura Kargo, mengungkapkan, fokus saat ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna layanan jasa di area Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta. Salah satunya dengan  transaksi cashless dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam pengelolaan transaksi.

“Dengan sistem pembayaran cashless, diharapkan bisa menjadi awal dari penerapan Integrated Payment System di wilayah Terminal Kargo yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura II (Persero). Sehingga ke depannya transaksi yang terjadi di wilayah Terminal Kargo bisa berlangsung dengan mudah, aman, dan efisien,” ungkapnya.

Sebelumnya, BNI telah mengimplementasikan layanan BNIDirect dengan fitur liquidity management untuk mempercepat pooling dana dari cabang dan unit ke Angkasa Pura Kargo. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar BUMN dan menciptakan nilai tambah dan manfaat dalam pengelolaan keuangan Angkasa Pura Kargo dan mitra-mitranya.

“Melalui kerja sama ini, BNI terpilih sebagai leading Bank untuk mendukung program bisnis APK dengan memberikan layanan cashless dengan Virtual Account Debit Pertama yang diimplementasikan di kargo dan telah disesuaikan dengan kebutuhan APK,” tambah Adi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)