BNI Syariah Siapkan Mobile Banking untuk Pelunasan BPIH

Mulai tahun 2019, Kementerian Agama (Kemenag) membuka opsi pelunasan haji melalui non teller. Opsi ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 117 2019 yang ditetapkan pada 18 Maret 2018 lalu.

Dalam keputusan itu disebutkan, pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler dibagi dalam dua tahap. Pelunasan tahap kesatu mulai 19 Maret sampai dengan 15 April 2019. Adapun pelunasan tahap kedua berlangsung antara 30 April hingga 10 Mei 2019.

Merespons hal ini, BNI Syariah pun kini menyediakan opsi pelunasan BPIH melalui mobile banking. Sebelumnya, BNI Syariah memang telah ditunjuk menjadi salah satu bank penerima setoran (BPS) BPIH sejak 2010 lalu.

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati, mengatakan, nasabah dapat menggunakan layanan BNI mobile banking untuk melakukan pelunasan BPIH, cukup dengan memilih menu Pelunasan Haji Reguler.

“Pilih rekening yang akan didebet, masukkan nomor porsi, dan cek kesesuaian data dan password. Langkah terakhir adalah dengan mengunduh struk di menu bukti transfer. Setelah melakukan pelunasan nasabah dapat langsung melaporkan kepada Kemenag setempat dengan membawa bukti pelunasan,” ujar Dhias.

Namun, Dhias mengaku, saat ini masih belum banyak yang melakukan pelunasan menggunakan non teller atau mobile banking. “Berdasarkan data sampai saat ini, total jamaah yang melakukan pelunasan haji baik teller maupun non teller totalnya 13.046 jamaah,” kata Dhias dalam siaran persnya di Jakarta (26/3/2019).

Adapun tahun ini sekitar 29 ribu calon jamaah haji baik haji reguler maupun haji khusus yang melakukan pelunasan. Dengan adanya fitur pelunasan BPIH di BNI mobile banking, Dhias berharap makin banyak jamaah yang akan melunasi melalui non teller.“Melalui mobile banking dapat memberikan kemudahan dan alternatif pelunasan BPIH dan mengurangi antrian di teller,” lanjutnya.

Dia pun memproyeksikan sampai akhir periode pelunasan haji kedua atau pada akhir Mei 2019, sebanyak 10% dari jamaah akan menggunakan pilihan channel mobile banking.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)