BNI UI Half Marathon 2018 Berbagi Tips Hadapi Ramadhan

Saat ini lari menjadi olahraga favorit banyak orang karena kemudahannya. Untuk itu, BNI bersama Ikatan Alumni (ILUNI) UI kembali akan mengadakan BNI UI Half Marathon pada tanggal 15 Juli 2018.

Memasuki pada rangkaian acara ke-4, BNI UI Half Marathon 2018 mengadakan workshop dengan judul "How to Train Enectively During Ramadhan" di Jakarta (12/5/2018). Narasumber yang hadir antara lain dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD sebagai endocrine sub-specialist dan Abdoullah Mitiche (Doel, sebagai endurance athlete dan coach. Tema yang diangkat tentang latihan di bulan puasa.

Bulan puasa yang identik dengan menahan dahaga dan hawa nafsu tidak semestinya menjadi halangan bagi runners yang ingin tetap memaksimalkan latihannya. Dengan porsi latihan dan teknik yang tepat, diharapkan runners dapat menjalankan latihan rutin walaupun di tengah kondisi bulan puasa.

Dalam workshop ini, dr. Dante membahas soal perubahan metabolisme tubuh pada saat berpuasa rutin. Metabolisme manusia yang membutuhkan endurance seperti berlari perlu diperhatikan oleh para runners. Terlebih, di bulan puasa ini terjadi perbedaan waktu makan seseorang, tapi tetap memerlukan kekuatan untuk melakukan kegiatan lari seperti biasa.

Sebagai pelari dan penggemar triathlon, dr. Dante juga membahas kiat bagaimana mempersiapkan tubuh untuk tetap berlatih di saat bulan puasa. Selain itu, ada tips agar dapat berolah raga lari secara baik. "Pertama, goal target kita saat olahraga mesti realistis. Endurance kita tidak akan mengalami penurunan signifikan meskipun kita berolah raga di bulan Ramadhan. Jika pun endurance kita turun, kita masih bisa memperbaiki saat sesudah bulan puasa," kata dr Dante.

Kedua, nutrisinya harus dijaga. Saat buka puasa kita harus banyak memakan simple karbohidrat, saat sahur boleh pakai complex karbohidrat
seperti lontong sayur.

Ketiga, pola latihan harus diatur supaya tercipta kondisi tubuh yang maksimal, agar bisa dicegah mengalami injury, dan muscle juga bisa tetap terjaga.

Keempat, kita harus mengingatkan diri kita bahwa puasa bukan penghalang untuk berlatih. Misalnya, latihan endurance bisa kita tetap lakukan di malam hari.

Abdoullah Mitiche, Endurance Athlete & Coach juga membagi pengalamannya berlatih efektif bagi runners yang menjalankan ibadah puasa. Coach Abdul. panggilan akrabnya, juga membagikan kiat untuk mengatur strategi agar latihan tetap memberikan hasil yang diinginkan walaupun harus tetap menjalankan puasa dan bekerja seperti biasa.

"Jangan melewati atau tidak menjalankan sahur. Sebab, sahur itu berkah dan sumber tenaga," kata Abdoul saat membagikan tipsnya.

"Kembalikan cairan tubuh dengan air putih, namun juga dengan buah-buahan. Buah-buahan telah mempunyai rasa manis secara alami, mengandung vitamin dan mineral, buah juga membuat kita lebih lama merasa haus," katanya lagi.

Ketua Umum ILUNI UI, Arief Budhy Hardono, mengatakan, kompetisi ini menyasar pelari yang tidak hanya berasal dari kawasan Jabodetabek saja, namun juga seluruh Indonesia. Untuk itulah BNI diajak turut menggelar kompetisi ini.

Selain memasyaratkan olahraga lari, event ini juga mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat. Dengan target peserta sebanyak 3.600 peserta dengan 3 jarak tempuh yang berbeda, peserta dapat memilih satu di antara 3 kelas tempuh lari yang disediakan. Dalam rangka membantu almamater, hasil dari perlombaan akan dikontribusikan untuk Makara Investasi melalui Reksadana BNI AM Makara Investasi dalam rangka pembangunan ILUNI Ul.

Corporate Secretary BNI, Kiryanto, mengungkapkan, dukungan BNI pada perhelatan ini merupakan salah satu bentuk keberpihakan korporasi terhadap dunia pendidikan, termasuk perkembangan dunia pendidikan di UI. Pada saat yang sama, BNI juga memberikan dukungan maksimal terhadap animo masyarakat yang sedang gandrung pada olahraga lari.

BNI menjadikan event kali ini sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan literasi dan inklusi lembaga keuangan di lingkungan penyelenggara pendidikan terdepan di Indonesia. Selain itu, event ini juga menjadi rangkaian salah satu program Digisport BNI 2018 di mana BNI berulang tahun yang ke-72.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)