Marketing Trends

Brewfest 2020 Gabungkan Tiga Platform

BrewFest 2020 mengangkat kopi dan teh sebagai isu utama yang mencakup bisnis (komersial), karier atau profesi hobby & passion, inovasi & pengembangan, tren serta gaya hidup

Indonesia berpeluang besar menjadi raksasa industri kopi dunia. Kondisi tersebut dapat dilihat dari sektor hilir di mana tahun 2019 jumlah gerai kopi mencapai 3.000 outlet atau tumbuh tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Berbekal pengalaman di industri kopi selama 13 tahun, Toffin Indonesia menggandeng Cikopi.com untuk menyelenggarakan BrewFest 2020, yaitu event Urban Coffee & Tea Festival yang menggabungkan tiga platform yakni conference, exhibition and appreciation dalam satu acara pada 21-23 Februari 2020 di Atrium Senayan City, Jakarta Selatan.

“Isu dan tren bisnis dikemas menarik dalam conference atau coffee forum. Untuk pertama kalinya di Indonesia kami akan menghelat penghargaan Best Coffee Shop bekerja sama dengan Zomato,” jelas Ario Fajar, Head of Marketing Toffin.

BrewFest 2020 mengangkat kopi dan teh sebagai isu utama yang mencakup bisnis (komersial), karier atau profesi hobby & passion, inovasi & pengembangan, tren serta gaya hidup, yang dikemas dalam tiga konsep yakni talk, play, show.

Talk adalah sebuah platform di mana para expert, master, profesional dan pecinta kopi berkumpul dan berdiskusi seputar isu, profesi, bisnis, inovasi dan masa depan kopi dalam bentuk konferensi. Antara lain Mehdi Zaidi (CEO Maxx Coffee), Jason Leo (Founder Ombe Kofie), James Prananto (COO & Co-founder of Kopi Kenangan), Billy Kurniawan (CEO & Founder of Kopi Janji Jiwa), Evani Jesslyn (Founder of First Crack Coffee), Jason Leo (Founder Ombie Kofie), Ricky Harun (selebrit dan Co-founder of Al’cal Coffee), Nino Fernandez, (Selebriti & Founder of Kopi di.bawahtangga), Prof. Dr. Arif Satria SP, M.Si (Rektor Institut Pertanian Bogor).

Play merupakan sebuah atraksi dalam bentuk workshop, product launching Nuova Simonelli Appia Life dan Victoria Arduino Eagle One, coaching atau kompetisi di mana para peserta bisa adu kemampuan dan hal-hal menarik di industri kopi. Mereka adalah Mikael Jasin (Indonesia Barista Champion 2020), Alvin Tjitrowirjo (Product Designer and Founder of AlvinT Studio), Viki Rahardja (Latte Art Professional), Restu Sadam Hasan (2019 Latte Art Champion), dan Gabriela (Profesional Barista.

Sementara, show adalah tempat untuk menyaksikan inovasi terbaru industri kopi meliputi mesin dan peralatan kopi, hingga tren minuman tahun 2020 dengan menghadirkan produk serta tenant ternama. Seperti Blibli.com, Maxx Coffee, Kopi Janji Jiwa, First Crack Coffee, Lakkon, Havila Tea, Havel Tea, Indomilk, ABCD School of Coffee, Kopi Kenangan, dan masih banyak lagi.

Brewfest menghadirkan 50 pembicara dan 20 penampil yang terdiri dari Coffee & Tea Master serta 20 brand kopi yang tergabung sebagai tenant. Event ini menargetkan 1.500 partisipan dan 7.500 pengunjung.

Para pengisi acara akan mengisi berbagai konten seperti Tea Trend 2020, Live the Entrepreneurial Lifestyle, Cuan Maksimal Risiko Minimal, Coffee Shop Startup, CEO Talk, Coffee Career Opportunity, Seruput Untung di Kedai Kopi.

“Sebagai perusahaan penyedia produk dan jasa di sektor Horeka, Toffin Indonesia berkomitmen untuk memajukan industri food & beverage, khususnya kopi dan teh melalui sebuah event dalam bentuk festival. BrewFest mempertemukan para pelaku bisnis, expert, asosiasi, pemilik brand hingga pemain baru untuk kumpul, bertukar informasi, dan membicarakan isu yang sedang berkembang,” terang Ario.

Salah satu pelaku bisnis sekaligus coffee master yang turut bergabung dalam BrewFest 2020 adalah First Crack Coffee. Evani Jesslyn, Founder of First Crack Coffee, mengatakan, Indonesia memiliki hasil alam kopi yang luar biasa. Ia optimistis perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dari hulu sampai hilir dapat dioptimalkan, sehingga bisa menghasilkan kualitas kopi nomor satu di dunia dan mendapatkan grade 99.

Ia juga mendorong siapapun untuk membangun passion melalui bisnis kedai kopi yang dapat dijalankan dengan tiga modal utama yakni focus, passion, dan persistence. “Buat saya untuk kopi yang enak itu mesti 3B: best bean, best barista dan best match. BrewFest 2020 adalah wadah yang tepat untuk mengembangkan bakat serta bisnis kedai kopi. Acara seperti ini perlu didukung oleh semua pihak,” ujarnya.

Selain kopi, BrewFest 2020 juga mengangkat teh sebagai salah satu konten acaranya. Ratna Somantri, Founder of Indonesia Tea Institute, menambahkan, teh Indonesia membutuhkan banyak dukungan agar industrinya bisa terus berkembang. Perlu upaya promosi yang terus menerus agar teh Indonesia bisa mendapat tempat di negeri sendiri. Serta upaya kreatif dan inovatif untuk membuat teh Indonesia menarik bagi generasi millenials.

“Event pertama yang membawa teh sejajar dengan kopi dalam sebuah festival yang relevan dengan generasi muda. Semoga teh Indonesia bisa mencuri perhatian di tengah keramaian kopi di Indonesia,” jelas Ratna.

www.swa.co.id

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved