BRI Microfinance Outlook 2023 Dorong Pertumbuhan UMKM

Sunarso, Direktur Utama BRI.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali menyelengarakan BRI Microfinance Outlook 2023 yang akan berlangsung Kamis, 26 Januari 2023. Mengusung tema Financial Inclusion and ESG: The Road to Equitable and Economic Prosperity, forum ini akan dilakukan secara hybrid.

“Acara ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di tengah ketidakpastian ekonomi global,” ujar Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Sunarso. Menurutnya, acara ini memperkuat BRI sebagai perusahaan perbankan yang memberikan solusi bagi pelaku usaha Ultra Mikro untuk naik kelas, namun juga mendukung pemerintah dalam mewujudkan pemulihan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi lewat pembiayaan yang inklusif dan berprinsip pada ESG.

BRI Microfinance Outlook 2023 akan menghadirkan pembicara dari kalangan profesional, pakar ekonomi kelas dunia, pejabat pemerintahan, serta jajaran direksi Bank BRI. Pagelaran dibuka dengan keynote speech yang menghadirkan beberapa menteri, termasuk Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang akan menjelaskan terkait optimalisasi regulasi pemerintah dalam mendorong investasi berorientasi lingkungan dan berkelanjutan.

Nara sumber yang akan hadir antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang akan membahas kebijakan anggaran pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mendukung pengembangan sustainable dan green finance. Juga, Menteri BUMN Erick Thohir, yang akan membahas peran BUMN dalam pemerataan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

BRI Microfinance Outlook 2023 menyuguhkan dua sesi diskusi. Pada sesi pertama, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari akan membahas peningkatan kedalaman inklusi keuangan dengan ekosistem mikro. Sesi ini juga menghadirkan Jonathan Morduch - Professor of Public Policy and Economics, Executive Director of the Financial Access Initiative, yang akan membahas sustainable finance for micro entrepreneur. Masih di sesi yang sama, pembicara lainnya adalah President and CEO Accion Michael Schlein akan membahas topik green banking, green microfinancer.

Di sesi kedua, BRI menghadirkan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, yang akan mengulas topik dengan judul Building a Social Economy by Working with Impactful Business. Sesi ini menghadirkan Direktur Kepatuhan BRI Achmad Solichin yang akan membahas implementasi ESG (Environmental, Social, dan Governance) dalam mendorong pengembangan UMKM. Pembicara lainnya di sesi ini adalah Simon O'Connell, Chief Executive Officer SNV, yang akan memaparkan topik dengan judul Embedding ESG Metrics as a Companies Competitive Advantage.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.ci.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)