BSD Innovation Labs Akan Beroperasi Awal 2020

Sebentar lagi atmosfer Silicon Valey di Amerika Serikat, juga ada di Indonesia. Hal ini diwujudkan oleh Sinar Mas Land (SML) bekerja sama dengan GK PLug and Play dan Digitaraya mengembangkan BSD Innovation Labs di Gedung BSD Green Office Park, BSD City, Kabupaten Tangerang. BSD Inovation Labs ditargetkan akan mulai beroperasi di awal tahun 2020 sebagai wadah startup yang baru merintis usaha maupun yang sudah lama bergelut di ranah ekonomi digital.

Kehadiran BSD Inovation Labs bertujuan untuk mendorong perkembangan startup yang bergerak di bidang teknologi. “BSD Innovation Labs akan menjadi akselerator startup pertama khusus untuk teknologi properti di Indonesia. Kami berharap keberadaan BSD Innovation Labs berguna bagi fresh talent di bidang digital," kata Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land di BSD City (11/9/2019).

Dalam kerja sama ini Digitaraya berperan membantu tim startup di BSD Innovation Labs untuk meningkatkan bisnis dengan panduan dan dukungan teknolgi dari Google. Sementara GK Plug and Play Indonesia akan membantu tim startup mendapatkan investor dan corporate partners. Digitaraya adalah akselerator di Indonesia yang didukung oleh Google Developers Launchpad dan Google Startup.

Menurutnya, kolaborasi tiga pihak ini terbangun atas pertimbangan melihat prospek smart city, proptech, dan connected hime akan terus berkembang ke depannya seiring dengan meningkatnya kualitas masyarakat urban. Bahkan, SML berambisi menjadikan BSD City sebagai the firrst integrated smart digital city. Untuk itu, akan dikembangkan Digital Hub di atas lahan seluas 26 hektar.

Tidak tanggung-tanggung, untuk pengembangan Digital Hub, menurut Djemi Lim, Strategic Business Development Head SML, phaknya mengalokasikan dana Rp 7 triliun dalam 10 tahun. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur dan beberapa gedung. Pembangunan gedung pertama akan rampung tahun 2020.

Sesungguhnya, keberadaan perusahaan – perusahaan digital di BSD City sinergis dengan ketersediaan tenaga kerja digital di BSD City. Township terbesar dari SML ini telah memiliki digital talent pool yang memadai dengan banyaknya program pendidikan digital yang tersedia di BSD City. Alhasil, talent dan startup tidak perlu khawatir tentang ketersediaan talent.

Pendidikan digital di BSD City itu dikelola Apple Developer Academy, Purwadhika Start up & Coding School, Creative Nest, Binar Academy, NXL E-Sport Center, dan Techpolitan dengan program yang beragam seperti coding, animasi digital, e-sport management dan lainnya.

Direktur Pengelola Digitaraya, Nicole Yap, menjelaskan, kerja sama ini untuk membuka peluang bagi para startup di proptech, smart living dan connected home untuk bergabung dengan progam BSD Inovation Labs. “Startup seluruh Indonesia dan Asia Tenggara akan memiliki akses ke para pemimpin industri dan para ahli dari Google atau mitra utama kami lainnya,”ungkap Nicole.

Wesley Haryono, Managing Partner GK Plug and Play Indonesia, menambahkan, kolaborasi tiga pihak ini adalah pembuktian atas kepedulian SML untuk mengembangkan akselerasi startup. “Digital Hub adalah tempat yang tidak hanya ramah untuk perusahaan raksasa semacam Apple dan Huawei, tapi juga serius dalam menyiapkan para tim startup untuk berkembang dan berkompetisi dengan perusahaan digital yang sudah mapan,” dia menguraikan.

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming yang menjadi investor dan hadir dalam acara kerja sama SML, Digitaraya dan PGK Plug and Play Indonesia itu berpendapat bahwa sinergi ini akan membantu memajukan startup Indonesia dan kawasan BSD ini menjadi Silicon Valey-nya Indonesia. “Saya berharap itu terjadi, karena ekosistem digital di BSD City sudah bagus," ujar pria berkemeja putih itu menegaskan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)