Budi Karya Sebut, Patimban akan Jadi Pelabuhan Terbesar di Indonesia

Presiden Jokowi meninjau jalan akses ke Pelabuhan Patimban (Footo: haloindonesia.co.id).

Menteri Perhubungan Budi Karya Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Pelabuhan Patimban akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia.

"Karena besar dari tahap pertama ini adalah untuk 7 juta teus, ini bisa dikembangkan sampai 14 jt teus," kata Budi dalam siaran virtual usai rapat terbatas kabinet tentang Percepatan PSN Pelabuhan Patimban, secara daring, Selasa, 22 September 2020.

Dia menuturkan Pelabuhan Tanjung Priok belum dapat mengakomodasi pergerakan barang dari Bekasi, Karawang, dan Subang yang merupakan pusat industri relatif.

Nanti, kata dia, akan dibuat kolaborasi antara Pelabuhan Priok dan Patimban. "Sehingga mereka yang dari Bekasi Timur dan Karawang itu akan menggunakan Patimban," ujar dia.

Sedangkan industri di wilayah Bekasi Barat dan Tangerang tetap menggunakan Pelabuhan Tanjung Priok. "Diharapkan (Pelabuhan Patimban) selesai November," ujarnya

Adapun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan Pelabuhan Patimban ditargetkan akan melaksanakan soft opening pada Kuartal IV tahun 2020 sehingga operator pelabuhan perlu ditetapkan secepatnya.

Dia menjelaskan tentang status konstruksi fisik dari proyek yang berlokasi di Subang, Jawa Barat ini. Per minggu kedua September 2020, Dermaga dan Reklamasi telah selesai sebesar 81,98 persen, Breakwater dan Seawall selesai 55,62 persen, Access Bridge selesai 11,95 persen, dan Access Road selesai 98,27 persen.

"Sementara untuk pengadaan tanah, Access Road telah tuntas 99 persen dan Back up Area sebesar 79 persen," kata Airlangga.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)