Bukalapak Mengadopsi Oracle Cloud untuk Dukung Petumbuhan Bisnis

Bukalapak memilih aplikasi Oracle Cloud untuk pengelolaan data keuangan dan tenaga kerja

Bukalapak memilih aplikasi Oracle Cloud untuk pengelolaan data keuangan dan tenaga kerja untuk mendukung pertumbuhan perusahaan dengan mengimplentasikan menjalankan Oracle Enterprise Resource Planning (ERP) Cloud dan Oracle Human Capital Management (HCM) Cloud. Solusi ini membantu tim keuangan dan sumber daya manusia merampingkan proses dan efisiensi pengoperasian data, sehingga berkesinambungan dan menjadi bisnis yang cerdas.

Sejak didirikan pada 2010 dan berpusat di Jakarta, Bukalapak telah berkembang menjadi unicorn keempat Indonesia dan bernilai miliaran dolar AS. Bukalapak menampung 4 juta UKM, 500 ribu warung dan 700 ribu usaha mikro independen di Indonesia.

Dengan Oracle ERP Cloud, tim keuangan dan pengadaan Bukalapak akan mendapatkan visibilitas penuh atas posisi keuangan perusahaan. Selain itu, efisiensi jumlah waktu yang dihabiskan untuk mengelola akun dan menutup pembukuan sehingga mereka lebih banyak memiliki waktu yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan strategis lainnya.

Bukalapak memanfaatkan Oracle HCM Cloud untuk membantu meningkatkan pengalaman karyawan seiring dengan pertumbuhan tenaga kerjanya. Pekerjaan implementasi ini dikerjakan oleh partner Oracle, PT Optima Data Internasional.

M. Fajrin Rasyid, Co-founder dan Presiden Bukalapak, mengatakan, pihaknya memulai bisnis kami dengan visi untuk menjembatani kesenjangan antara penjual dan pembeli Indonesia. “Platform kami telah mendukung usaha mikro, kecil dan menengah untuk berpartisipasi dalam kegiatan perdagangan,” jelasnya.

Dengan aplikasi Oracle Cloud, Bukalapak memiliki kepastian bahwa proses dapat dikelola lebih baik dan disederhanakan. Ini memungkinkan Bukalapak untuk lebih fokus pada aspek penting di dalam bisnis, yaitu mengembangkan para karyawan dan memajukan bisnis kami ke depan.

Dibangun dengan pendekatan AI-first, Oracle ERP dan HCM Cloud di pasar dapat membantu bisnis terhubung secara otomotis dan mengoordinasikan hasil, data dan mengambil penemuan yang didapat dari berbagai jenis fungsi bisnis, platform, dan distribusi. Proses bisnis yang terkoneksi ini akan memberikan bisnis sebuah konteks dan pemahaman untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, produktivitas yang lebih tinggi, dan hasil yang lebih baik.

Davian Omas, Direktur Pengelola Oracle Indonesia, mengatakan, solusi cloud memiliki kemampuan untuk meminimalisir hambatan bisnis untuk bersaing di pasar yang sangat kompetitif saat ini. Hal ini terutama di Asia Tenggara di mana bisnis mikro, kecil dan menengah merupakan tulang punggung perekonomian kawasan. Oracle telah mendukung para pemula dengan teknologi cloud kami melalui berbagai kerja sama.

Didorong oleh lebih dari 260 juta orang populasi muda dan tingkat penetrasi smartphone sekitar 45%, Indonesia telah menjadi pasar startup terkemuka di kawasannya, seiring dengan semakin banyak startup yang memanfaatkan potensi muda di Indonesia.

Melalui Oracle Global Startup Ecosystem, Oracle menawarkan kepada para startup akses ke platform cloud dan keahlian perusahaan untuk membantu para startup memahami lanskap pasar dan membawa inovasi mereka ke pasar.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)