Bus Hidrogen di Asian Games 2018 Palembang

Indonesia--khususnya di acara Asian Games 2018 Palembang--bakal menggunakan bus hidrogen dalam operasionalisasinya. Kepastian ini diperoleh melalui  Bupati Musi Banyuasin (MUBA) Dodi Reza yang hadir dalam acara Inagurasi dan peluncuran program ‘Hydrogen Zero Emission Mobility & Education at Asian Games 2018 in South Sumatra, Indonesia’ di gedung parlemen Inggris Westminster Jumat waktu setempat (10/08).  Acara yang merupakan promosi Asian Games yang dilakan oleh Pemprov Palembang di luar negeri.

Acara ini juga dihadiri oleh utusan Perdana Menteri Inggris untuk ASEAN, Richard Graham, Presiden Direktur Ecubes Arcola Aleksander Gerbec, Direktur Pengelola Ecubes Arcola DR. Ben Todd, Direktur Pengelola Serba Dinamik Indonesia, Nugroho Widyantoro dan beberapa pejabat tinggi di Pemerintahan Inggris.

Dodi menilai, ini merupakan langkah bersejarah yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten MUBA untuk menghadirkan teknologi terbarukan yang ramah lingkungan.  Bus hidrogen ini sendiri merupakan kerja sama antara Pemerintah Inggris, Ecubes Arcola, Serba Dinamik Group dan Provinsi Sumatera Selatan.

Bantuan bus hidrogen tersebut juga merupakan bagian dari program Ecubes Arcola untuk menghadirkan energi hidrogen yang bersih dan ramah lingkungan melalui pengembangan pembangkit listrik dan transportasi berbasis hydrogen di Indonesia. “Sumatera Selatan menunjukkan komitmen dan semangat luar biasa untuk menjadi pelopor di masa depan dengan menerapkan konsep hydrogen mobility yang ramah lingkungan dan bebas polusi atau zero emisi” ujar Presiden Direktur Ecubes Arcol,a Aleksander Gerbec.

"Untuk menghadirkan dan menerapkan energi ramah lingkungan di Indonesia kini bukan hal yang mustahil dan sulit.  Namun, dengan adanya kerja sama antar sektoral, akan lebih memudahkan penerapan energi terbarukan yang dapat menghasilkan moda trasnportasi yang ramah lingkungan dan zero emisi atau bebas polusi di Indonesia, tambah Managing Director Ecubes Arcola, Dr. Ben Todd

Selain bus hidrogen, dua minivan hidrogen juga sudah tiba di Palembang. Dua mobil hidrogen ini merupakan keluaran terbaru dari pabrikan Renault, yang telah di modifikasi oleh Ecubes Arcola dengan para ilmuwan terkemuka dari Imperial College Inggris. Rencananya dua minivan hydrogen ini akan dihadirkan di Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, selama Asian Games 2018 berlangsung.

Ecubes Arcola dengan Serba Dinamik juga akan memberikan workshop atau pelatihan kepada seribuan pelajar di Sumatera Selatan dan pulau Jawa, tentang bagaimana menerapkan dan mengoperasikan teknologi berbasis hidrogen di Indonesia.

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)