Adopsi Media Sosial Dorong Perusahaan Tingkatkan Kinerja dan Inovasi

Penggunaan media sosial di tengah teknologi yang terus berkembang dapat memberikan dampak positif bagi berbagai sektor yang ada. Media sosial tidak hanya dapat menunjang aktifitas seseorang atau organisasi dalam bersosialisasi. Lebih dari itu, penggunaan media sosial dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan performa dan dalam melakukan inovasi-inovasi.

Beberapa waktu yang lalu, publik telah disuguhkan oleh suksesnya penggunaan media sosial dalam membentuk gerakan dukungan kepada salah satu calon presiden. Menurut Mardi Wu, CEO PT Nutrifood Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan doktoralnya, peran media sosial seharusnya tidak hanya sekedar alat berkomunikasi tetapi juga agar dapat meningkatkan kinerjanya. Dalam menyelesaikan pendidikannya tersebut, Mardi telah melakukan penelitian mengenai bagaimana adopsi media sosial oleh organisasi dapat meningkatkan kinerja dan inovasi.

photo(8)

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap banyak perusahaan dari berbagai bidang yang menggunakan media sosial tersebut menunjukkan hasil positif bahwa adopsi media sosial dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan menggunakan media sosial, perusahaan dapat melakukan analisis data untuk kemudian dikelola untuk menjadi data yang bermakna.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa strategi dalam penggunaan media sosial ini mestilah strategi yang bisa diterapkan dan selaras dengan seluruh strategi yang ada. Hal yang tak kalah penting, jajaran top management terutama seorang CEO perlu menyadari perlunya penggunaan media sosial untuk meningkatkan kinerja perusahaannya sehingga strategi-strategi untuk maksimalisasi dapat dilakukan.

Mardi pun mengingatkan, “Dalam melakukan adopsi media sosial, organisasi perlu membuka diri sehingga dapat melakukan inovasi-inovasi.” Ia berharap, penelitiannya ini akan memberi framework mengenai bagaimana adopsi media sosial dapat dilakukan dengan baik. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)