ANZ-Roy Morgan Consumer Confidence Index: Tingkat Kepercayaan Konsumen di Indonesia Meningkat

ANZ dan Roy Morgan Research, sebuah lembaga riset konsumen, industri, dan pasar dari Australia meluncurkan indeks baru mengenai tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia setiap bulan, ANZ-Roy Morgan Consumer Confidence Index. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang didorong oleh konsumsi, menjadikan indeks kepercayaan ini memiliki arti penting.

Untuk mendapatkan indeks ini, telah dilakukan survey kepada 2010 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Survei dilakukan di 22 kota besar, 22 kota kecil, dan desa di sekitarnya yang secara statistik mewakili seluruh Indonesia.

photo

Dari hasil survey, indeks kepercayaan konsumen Indonesia mengalami peningkatan sebesar 0,5 poin menjadi 151,5 dari bulan sebelumnya. Peningkatan kepercayaan juga terlihat di sejumlah hal lain. Misalnya, terkait keuangan pribadi, 43% masyarakat Indonesia mengatakan bahwa keuangan keluarga mereka lebih baik dari setahun lalu. Kemudian, masyarakat juga memiliki kepercayaan dengan perkiraan bahwa perekonomian Indonesia lima tahun ke depan akan berada pada masa yang baik, meski terdapat penurunan sebesar dua poin menjadi 70% yang mengatakan bahwa keuangan mereka akan lebih baik di waktu yang sama tahun depan.

Selain itu, masih tingginya kepercayaan juga dapat terlihat dari jmlah 79% yang memperkirakan bahwa Indonesia akan mengalami masa yang baik secara finansial selama jangka waktu 12 bulan ke depan. Angka ini sama dengan tahun lalu, yaitu 79%. Angka kepercayaan yang tidak berubah juga dilihat dari 58% masyarakat yang menyatakan bahwa sekarang adalah waktu yang baik untuk membeli peralatan rumah tangga utama.

“Konsumen merasa lebih baik dibanding tahun lalu, demikian pula dengan ekspektasi mereka. Mood to spend mereka juga baik,” papar Debnath Guharoy, Direktur Regional Asia Roy Morgan. Debnath juga menyebutkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan demokrasi juga masih bagus sehingga memungkinkan investment confidence level yang baik,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Glenn Maguire, ANZ Asia Pacific Chief Economist, menjelaskan “Kami percaya tingkat kepercayaan konsumen meningkat di Indonesia karena perekonomian Indonesia terhindar dari sentimen negatif tapering bank sentral AS, The Fed. Hasil indeks juga menunjukkan semakin banyaknya responden yang percaya bahwa keadaan keuangan mereka dan pandangan akan perekonomian Indonesia dalam jangka panjang semakin baik.”

Sementara itu, Ira Noviarti, VP Unilever Indonesia menggarisbawahi, bagi perusahaan ataupun para pelaku usaha, yang terpenting adalah bagaimana mengerti insight di balik angka-angka dari hasil survey atau studi yang dilakukan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)