Apa yang Paling Diburu di Harbolnas?

Hari belanja online nasional akan datang lagi. Tepatnya, 12-14 Desember mendatang. Semua orang telah menyiapkan strategi untuk membeli barang kebutuhannya masing-masing. Produk idaman sekaligus toko online yang menjualnya telah dibidik jauh-jauh hari.

Produk apakah yang paling diburu pada setiap gelaran harbolnas? Dari survei perilaku konsumen Indonesia menjelang Harbolnas 2016 yang dilakukan Shopback, gadget diketahui menjadi produk yang paling diincar konsumen yakni 63,9%. Disusul, barang kebutuhan rumah tangga (50,7%).

indra-yonathan_country-manager-shopback-indonesia1 Country General Manager, Shopback Indonesia, Indra Yonathan.

 

Kategori produk lain yang disebut akan dibeli oleh konsumen, meskipun tidak terlalu besar persentasenya, adalah makanan dan minuman (28,3%), kecantikan dan kesehatan (26,7%), tiket dan travel (17,6%), serta otomotif (10,3%).

“Munculnya gadget dan aksesoris sebagai kategori produk yang paling diincar tidak terlalu mengejutkan jika melihat karakteristik calon konsumen yang berada di kisaran usia 19 tahun sampai dengan 35 tahun,” kata Country General Manager, Shopback Indonesia, Indra Yonathan.

Menurut dia, munculnya keperluan rumah tangga didorong oleh suara 52% responden berusia 26 tahun hingga 35 tahun yang beberapa di antara mereka merupakan pasangan muda. Ini penting untuk pelaku e-commerce sebagai salah satu pertimbangan utama dalam menghadirkan promosi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Fakta tentang jumlah uang yang akan dibelanjakan di Harbolnas 2016 juga menarik. Mayoritas konsumen akan membelanjakan uangnya senilai Rp250.000 - Rp1.000.000. Anggaran ini 4 kali lebih besar dari pertama kali mereka belanja online yakni Rp 250.000 sesuai jawaban 47.3% responden.

uang-yang-dihabiskan-di-harbolnas

Dari survei Shopback, generasi Y dan Z yang berusia 19-35 tahun akan menjadi konsumen terbesar di Harbolnas 2016. Sekitar separuh dari mereka adalah karyawan dengan penghasilan di seputaran Rp2,5juta-Rp7,5juta.

Dengan mengenal secara mendalam profil mayoritas calon konsumen yang merupakan generasi milenial dan internet, pelaku e-Commerce dapat membangun strategi yang tepat dalam mendekati konsumen.

“Baik dalam menentukan jenis promosi yang akan diselenggarakan, memilih kategori produk mana yang akan lebih ditonjolkan, maupun memilih media-media yang tepat untuk berkomunikasi dengan publik,” kata Indra.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)