BI: Konsumsi Domestik Kuat, Ekonomi Tumbuh 6,2%

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang berlangsung hari ini, Kamis (7/3/2013), menyatakan pandangan bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh sesuai perkiraan, yakni di angka 6,2 %, pada triwulan I tahun ini. Alasan dibalik prediksi tersebut adalah kuatnya konsumsi domestik.

Kantor Bank Indonesia

“Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2013 akan tumbuh sesuai prakiraan  6,2%, didukung terutama oleh kuatnya permintaan domestik,” sebut Difi A Johansyah, Kepala Grup Hubungan Masyarakat Bank Indonesia, di Jakarta.

Bank Indonesia melihat bahwa konsumsi domestik tumbuh cukup kuat, sejalan dengan keyakinan konsumen dan daya beli masyarakat yang membaik. Bank sentral pun menilai bahwa inflasi inti tahunan sebesar 4,29 % dipandang masih terkendali, sejalan dengan harga komoditas global non makanan yang terkendali dan stabilitas nilai tukar rupiah yang terjaga.

Difi pun menyebutkan, “Tekanan inflasi diperkirakan akan mereda seiring dengan siklus panen. Dan secara keseluruhan tahun 2013 diprakirakan akan tetap terkendali pada kisaran sasarannya.”

Sementara itu, berbagai indikator menunjukkan moderasi pertumbuhan investasi, khususnya pada investasi non bangunan di tengah investasi sektor bangunan masih cukup kuat. Indikasi moderasi tersebut juga terlihat pada melandainya pertumbuhan impor, khususnya impor barang modal. Di sisi lain, kinerja ekspor ke berbagai negara mitra dagang utama, khususnya China, Amerika Serikat (AS) dan India, ditaksir membaik.

“Untuk keseluruhan tahun 2013, setelah memperhitungkan aktivitas ekonomi pada triwulan-triwulan selanjutnya, termasuk pengeluaran untuk persiapan Pemilihan Umum 2014, pertumbuhan ekonomi diprakirakan akan cenderung mengarah ke batas bawah kisaran 6,3%-6,8%,” tandasnya.

Perlu diketahui pula, Rapat Dewan Gubernur BI hari ini telah memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan, atau BI Rate, pada level 5,75%. Tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 3,5-5,5%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)