BUMN Dominasi Top 3 Emiten dengan Skor CG Tertinggi

Sebanyak 30 perusahaan terbuka dinobatkan sebagai Top 30 emiten dengan skor corporate governance (CG) tertinggi untuk tahun 2013. Dua dari tiga perusahaan dengan skor CG tertinggi (Top 3) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“(Top 3 itu) dua BUMN, satu perbankan,” sebut Sidharta Utama, anggota pembina IICD (Indonesian Institute for Corporate Directorship) sekaligus CG Expert mewakili Indonesia dalam mengembangkan ASEAN CG Scorecard, di Jakarta, Senin (25/3/2013).

Sebanyak 30 perusahaan terbuka dinobatkan sebagai Top 30 emiten dengan skor corporate governance (CG) tertinggi untuk tahun 2013.

IICD selama beberapa tahun terakhir telah melakukan penilaian praktik CG perusahaan-perusahaan publik terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penilaiannya dikenal dengan CG Scorecard. Tahun ini, penilaian dilakukan terhadap 97 emiten yang mempunyai kapitalisasi pasar terbesar.

Penilaian dilakukan selama bulan Juli-September 2012, yang didasarkan pada laporan tahunan 2011, laporan keuangan audit tahun 2011, laporan berkelanjutan, pengumuman dan panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan atau Luar Biasa tahun 2012, hingga situs perusahaan. “Kalau yang 2011 itu hanya laporan tahunan. Karena waktu kami nilai belum keluar laporan tahunan 2012. Tapi informasi lainnya pakai tahun 2012 sampai paruh kedua,” terang dia.

Mengenai penilaian sendiri, ada tiga tahapan. Tahap pertama adalah penilaian yang dilakukan oleh asesor IICD yang sudah terlatih dan berpengalaman. Kedua yakni verifikasi yang dilakukan oleh tim reviewer lewat diskusi intensif bersama dengan para asesor. Tahap terakhir adalah penilaian dan peninjauan oleh CG experts dari lima negara lain terhadap sebagian emiten. Di mana setiap emiten dinilai oleh dua asesor untuk memastikan keakuratan penilaian.

Dari penilaian terlihatlah perusahaan-perusahaan terbuka yang unggul dalam hal, misalnya, perhatian terhadap pemangku kepentingan, program-program tanggung jawab sosial, hingga program anti korupsi. Situs perusahaaan-perusahaan Top 30 pun dinilai bagus dan lengkap. “Mereka juga lebih transparan dalam melakukan pengungkapan siapa sih pemilik perusahaan,” lanjut Sidharta.

Berdasarkan abjad, 10 perusahaan yang menjadi sepuluh besar peraih skor CG tertinggi adalah Adira Dinamika Multifinance, Aneka Tambang, Bank Pembangunan Jawa Barat Banten, Bank Danamon Indonesia, Bank International Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank OCBC NISP, Perusahaan Gas Negara, dan Telekomunikasi Indonesia.

Sedangkan yang berada di urutan ke-11 hingga 20, yaitu ABM Investama, Bank Tabungan Negara, Bank CIMB Niaga, Bank Rakyat Indonesia, Tambang Batubara Bukit Asam, Tambang Raya Megah, Jasa Marga, Medco  Energi International, Semen Gresik, dan XL Axiata.

Dan, perusahaan terbuka yang berada di urutan ke-21 hingga ke-30, yakni Astra International, Bank Central Asia, Bank Panin, Bank Permata, Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Garuda Indonesia, Indosat, Kalbe Farma, Timah, dan Wijaya Karya. “Ini tiap tahun akan dilakukan,” tandas dia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)