Cara Jitu Kelola Berat Badan dari Amway

Berdasarkan data Riskesdas 2013, dari tahun 2007 hingga 2013 jumlah penderita obesitas di Indonesia terus mengalami peningkatan. Dari data yang sama juga menunjukkan bahwa di tahun 2013, jumlah wanita yang mengalami obesitas sebesar 32,9% meningkat dibanding tahun 2007 yang hanya 18,1%. Laki-laki pun menunjukkan hal yang sama yaitu di tahun 2013 sebesar 19,7% mengalami peningkatan dibanding tahun 2007 yang hanya 5,8%.

20160315_151705-640x480Sejak tahun 1948, World Health Organization (WHO) sudah mengklasifikasikan obesitas sebagai penyakit. Dan di tahun 1997, WHO juga menyebutkan bahwa obesitas sebagai wabah global. Sedangkan di tahun 2015 lebih dari 2,3 miliar orang dewasa mengalami kelebihan berat badan dan lebih dari 700 juta diantaranya mengalami obesitas. Wabah obesitas ini pun tidak hanya mengancam orang dewasa saja karena 2 dari 5 orang dewasa mengalami obesitas. Namun kini, 1 dari 5 anak juga sudah mengalami obesitas.

Berdasarkan data WHO bahwa beberapa persoalan studi menunjukkan bahwa gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebab utama munculnya persoalan berat badan yang tidak ideal, kelebihan berat badan, serta obesitas.

"Kelebihan berat badan dan obesitas telah menjadi pemicu utama munculnya berbagai kondisi kronis dan kualitas hidup rendah seperti masalah pada metabolisme tubuh, tekanan darah tinggi, kolesterol dan bahkan memunculkan resiko terkena serangan jantung koroner, stroke maupun diabetes,” ungkap Rizal Arnes, Deputy General Manager, Amway Indonesia.

Rizal juga menambahkan bahwa Indonesia saat ini berada pada peringkat 10 dunia dengan rasio penderita satu dibanding lima. “Jika tidak segera diantisipasi, tahun 2030 jumlah penderita obesitas dan kelebihan berat badan di Indonesia bisa mencapai 21,3 juta jiwa,” lanjutnya.

Mengelola berat badan merupakan kunci untuk mengantisipasi terjadinya obesitas. Namun sayangnya, hingga saat ini tidak sedikit pengelolaan berat badan yang berakhir dengan kegagalan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhinya seperti harapan yang tidak realistis, diet yang tidak berimbang, diet yang menyiksa, perencanaan menu yang rumit, kurangnya komitmen dan kurangnya dukungan dari orang sekitar.

Menurut Amway Indonesia, pengelolaan berat badan dapat dilakukan melalui pendekatan yang efektif, personal dan ilmiah, serta terdapat 6 kunci utama yang berpengaruh besar terhadap penurunan berat badan.

Pertama, kenali tipe diet dalam diri masing-masing. Hal ini menjadi penting karena tipe diet setiap orang berbeda-beda.

Kedua, diet atau mengatur pola makan. Diet bukan hanya perkara perhitungan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tapi erat kaitannya dengan mengatur jumlah protein, lemak dan karbohidrat dengan kombinasi yang tepat untuk tubuh.

Ketiga, kelola stress. Mengontrol stress memanglah tidak mudah. Tapi kita bisa mengontrol penyebab stress dan cara pandang kita terhadap stress.

Kunci yang keempat adalah tidur. Tidur akan sangat berpengaruh dalam membantu kita mengelola berat badan dan menjaga kesehatan.

Kelima, aktivitas yang dapat dimulai dengan aktivitas kecil serta lebih sering bergerak. Dan terakhir yang keenam adalah perbaiki pola pikir dan yakinlah bahwa kita bisa melakukannya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)