Desain dan OS, Alasan Utama Konsumen Indonesia Beli Smartphone

Perusahaan riset pasar teknologi International Data Corporation (IDC) mengungkapkan 10 prediksinya di dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia. Secara umum, prediksi tersebut menggambarkan geliat positif TIK di tahun 2013. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya belanja TIK hingga US$ 32,8 miliar. Mobile broadband disinggung IDC sebagai salah satu faktor kunci yang mengalami peningkatan di tahun tersebut.

 

IDC memprediksi adanya peningkatan penggunaan mobile broadband yang menjadi kunci naiknya utilisasi TIK. Karakter masyarakat Indonesia yang haus informasi dan gandrung bersosialisasi menjadikan koneksi internet semakin mutlak dibutuhkan. Dengan demikian, total pasar broadband dari Compound Annual Growth Rate (CAGR) diprediksi tumbuh 55% hingga 2016. Pertumbuhan ini terkait membanjirnya jangkauan operator selular dan turunnya harga modem USB alias dongle serta perangkat selular sendiri. Pada akhirnya, konsumen lah yang diuntungkan dengan paket broadband yang lebih terjangkau.

 

Di tahun 2011, revenue portable broadband berada di kisaran US$ 460,1 juta, diperkuat mobile surfing US$ 65,91 juta. Tahun 2012, total angka ini meningkat hingga US$ 650 juta, terbagi jadi US$ 570,45 juta portable broadband dari 18.211 pelanggan dan US$ 80,47 juta mobile surfing dari 12.556 pelanggan. Dari sisi revenue, portable broadband diprediksi tumbuh dua kali lipat, atau sekitar 187,2% di tahun 2013 menjadi US$ 1.067,81 juta. Jumlah pelanggan pun meningkat meski tak terlalu fantastis. Pelanggan portable broadband melesat menjadi 28,134 pelanggan, sedangkan mobile surfing 21.346 pelanggan

“Karakter konsumen Indonesia terbilang unik. Konsumsi aplikasi masih sangat dasar, sederhana, belum terlalu matang,” papar Sudev Bangah, Head of Indonesia Operation, IDC Indonesia, Senin (17/12). Ia menuturkan, masyarakat Indonesia membeli smartphone lebih karena desain dan apresiasi terhadap sistem operasinya saja. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)