Dua Dekade Deka Eksis di Bisnis Riset Indonesia

Irma Malibari (tengah) Managing Director DEKA, bersama tim pada seminar "At the Pulse of Consumer Newvement" dalam rangka ulang tahun DEKA ke-20 di Jakarta, Jumat (27/11) Irma Malibari (tengah) Managing Director DEKA, bersama tim pada seminar "At the Pulse of Consumer Newvement" dalam rangka ulang tahun DEKA ke-20 di Jakarta, Jumat (27/11)

Bermula dari tiga karyawan, Deka, lembaga riset independen dari Indonesia yang didirikan oleh Irma Malibari tahun 1995 itu, kini menjelma sebagai lembaga riset lokal yang bertaraf internasional dengan lebih dari 70 mitra di tataran global dan 1.200 karyawan dari berbagai disiplin ilmu.

Selain bergabung dengan European Society for Opinion and Market Research (Esomar) di usia yang ke 20 tahun, Deka menjadi bagian dari asosiasi riset pemasaran internasional Worldwide Independent Network/Gallup International Association (WIN/GIA).

“Tidak semua lembaga riset bisa menjadi bagian dari WIN/GIA. Setiap negara hanya bisa mewakili lembaga riset hanya satu. Dan Alhamdulillah Deka dipercaya untuk menjadi bagian WIN/GIA,” ungkap Derry M Hikmah, Operational Director Deka kepada SWA Online.

Menurut Irma, kekuatan Deka terletak pada pemahaman yang mendalam terhadap pasar dan budaya masyarakat Indonesia, serta kemampuannya menjalankan riset dengan standar kelas dunia.

“Kami memiliki jangkauan riset terluas di Indonesia, dengan dua kantor di Jakarta, lima kantor cabang di Medan, Bandung, Semarang, Makassar, Surabaya, serta dukungan dari 16 kantor perwakilannya yang tersebar di seluruh Nusantara,” jelas Irma saat perayaan ulang tahun ke 20 di Jakarta belum lama ini.

Di usia kepala dua, menurut Irma, Deka sudah saatnya masuk ke dalam tahap berikutnya. Tidak hanya untuk klien di Indonesia, kini Deka siap untuk merambah ke pamahaman tentang ASEAN.

Deka juga menjadi perusahaan riset pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat ISO 20252:2012. Dengan sertifikasi itu, Deka semakin percaya diri akan kredibilitas hasil riset DEKA tidak perlu diragukan lagi.

“Kami ingin menjadi insight company yang mampu membantu perusahaan untuk tumbuh. Di tengah perubahan lanskap bisnis yang terjadi di berbagai belahan dunia, DEKA memberikan insight dan foresight bagi para pemasar untuk dapat beradaptasi,” tambah Irma Malibari.

Sebagai tambahan informai, bebarapa layanan Deka yang siap membantu perusahaan mulai dari: Consumer Behaviour Research, Advertising Research, Social and Political Research, Product Development Research, Retail Research, hingga Business to Business Research, (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)