Edelman Trust Barometer 2014: Bisnis Merupakan Institusi Paling Terpercaya

Ada hal yang menarik dari survei yang dilakukan Edelman, Trust Barometer 2014. Survei ini merupakan survei yang dilakukan secara berkala setiap tahunnya dan tahun ini merupakan tahun ke-6 survei ini juga dilakukan di Indonesia.

Dari hasil survei yang dilakukan secara global kepada 33 ribu responden dengan rentang usia 25-64 tahun di 27 negara melalui wawancara online ini, Indonesia merupakan negara peringkat keempat dari 27 negara dalam hal tingkat kepercayaan publik dengan indeks kepercayaan rata-rata 72 poin. Terjadi peningkatan 10 poin dari tahun lalu. Institusi bisnis menjadi institusi paling dipercaya di Indonesia, di susul media, NGO dan pemerintah. Menariknya, untuk NGO, terjadi peningkatan sebesar 22% dan pemerintah sebesar 6%.

Stephen Lock, CEO Edelman Indonesia

Di samping kepercayaan yang tinggi terhadap bisnis, kepercayaan terhadap perusahaan Indonesia juga merupakan yang tertinggi di antara negara-negara emerging market. Pemimpin di sektor bisnis juga lebih dipercaya publik ketimbang pemimpin di sektor pemerintahan di Indonesia dalam hal membuat keputusan yang etis, mengatakan hal sebenarnya, menyelesaikan isu-isu sosial dan membenahi masalah-masalah industri. Masyarakat pun meninginkan keterlibatan yang lebih oleh bisnis dalam hal pembuatan kebijakan, dan upaya lebih pemerintah untuk mengikutsertakan berbagai stakeholder termasuk bisnis dalam pembuatan kebijakan.

Dalam pemaparan hasil survei, Stephen Lock, CEO Edelman, mengungkapkan, “Hal-hal yang mendorong kepercayaan publik terhadap institusi di sini berbeda dengan di negara mana pun. Hal ini menunjukkan Indonesia adalah negara yang unik, tidak bisa dianggap atau diperlakukan sama dengan Asia lainnya". Temuan global menunjukkan, variabel utama kepercayaan publik adalah produk dan jasa berkualitas dan mendengarkan. Untuk kasus Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, variabel yang mendorong adalah mendengarkan pelanggan, bertindak secara etis, serta memperhatikan karyawan.

Transparansi dan menyelesaikan segala sesuatu dengan tuntas dan efektif menurut Stephen, menjadi hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kepercayaan publik. Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan, upaya perusahaan CSR dalam menjaga lingkungan dan pengembangan kapasitas masyarakat juga menjadi faktor yang memengaruhi tingkat kepercayaan publik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)