Efek Domino LaLiga terhadap Perekonomian Spanyol

Persaingan Real Madrid dan Barcelona di LaLiga. (Foto : Instagram Barcelona)

Pricewaterhouse Coopers (PwC), firma konsultasi, merilis riset dampak sosial ekonomi industri sepak bola profesional di Spanyol yang menghasilkan 185 ribu lapangan pekerjaan, pajak sebesar EUR 4,1 miliar, dan penghasilan yang setara dengan 1,37 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Spanyol. Laporan berjudul ‘Financial, Fiscal, and Social Impact of Professional Football in Spain’ (Finansial, Fiskal, dan Dampak Sosial dari Sepak Bola Profesional di Spanyol) yang dipresentasikan oleh perwakilan dari PwC, Jordi Esteve dan Pablo Bascones, yang disusun berdasarkan data yang diambil dari musim 2016/17.

Presiden LaLiga, Javier Tebas, mengatakan pihaknya menganalisa hasil dari laporan PwC itu dan laporan ini menegaskan pentingnya aspek sosial dan finansial untuk sepak bola profesional di Spanyol. “Dan selain itu juga menekankan betapa pentingnya membuat keputusan yang bertanggung jawab dan dipikirkan dengan matang tentang segala sesuatu yang memengaruhi industri yang sangat relevan bagi masyarakat kita," ucap Tebas dalam siaran pers yang dikutip SWA Online pada Kamis (7/3/2019).

Acara presentasi yang dilanjutkan diskusi bersama Asisten Manajer Periklanan España Global, Ester Borras, Sekretaris Jenderal Hosteleria de España, Emilio Gallego, dan Kepala Konten Movistar+, Ignacio Fernandez-Vega. Hasil dari laporan ini menyimpulkan bahwa lapangan pekerjaan telah meningkat sebesar 28 persen dibandingkan dengan laporan dengan topik yang sama empat tahun lalu, kontribusi fiskal juga meningkat sebanyak 41 persen dan kontribusi untuk aktivitas finansial LaLiga meningkat sebanyak dua kali lipat.

Total penghasilan yang berasal dari industri sepak bola profesional di Spanyol pada musim 2016/17 yaitu lebih dari EUR 15,69 miliar, setara dengan 1,37 persen dari PDB (Pendapatan Domestik Bruto) negara. Artinya, setiap Euro yang diterima oleh LaLiga berkontribusi sebanyak EUR 4,20 untuk keseluruhan ekonomi negara.

Industri ini juga berkontribusi terhadap lapangan pekerjaan dengan secara total menelurkan 185 ribu pekerjaan baru di musim 2016/17. Setiap satu pekerjaan yang langsung berasal dari LaLiga juga menghasilkan empat pekerjaan baru lainnya di Spanyol, mencakup rata-rata 0,98 persen dari total pekerja di Spanyol. Sebanyak 180 ribu pekerjaan yang telah diciptakan menghasilkan sejumlah besar pekerjaan di sektor dan kegiatan lain dalam perekonomian Spanyol. Contohnya, jika membandingkan pekerjaan yang dihasilkan di industri tekstil, manufaktur, dan kulit, nilainya setara dengan 1,2 kali jumlah orang yang dipekerjakan pada tahun 2016 atau 2,4 kali jumlah pekerja yang bekerja di bidang metalurgi dan pembuatan produk-produk besi, baja, dan paduan besi.

Kompetisi sepakbola LaLiga turut menciptakan penghasilan tambahan bernilai hampir EUR 4 miliar di sektor lain, seperti katering, akomodasi, bar, dan wisata lokal. Apabila dinilai dari dampak yang dihasilkan oleh sepak bola terhadap sektor ekonomi lainnya, maka kontribusi yang sangat besar terlihat dari katering, transportasi, dan akomodasi untuk acara olahraga yang diadakan di stadion, dengan angka mencapai EUR 2,4 miliar untuk musim 2016/17.

Selain dampak yang dihasilkan oleh pengunjung stadion, angka penonton yang tinggi untuk pertandingan LaLiga telah membantu bar-bar di Spanyol meraup sekitar EUR 1,23 miliar serta menghasilkan 19.415 pekerjaan. Penggemar sepak bola juga menikmati pertandingan melalui paket TV berlangganan. Sebanyak 58 persen dari 6,6 juta pelanggan mendaftar untuk saluran-saluran sepak bola dan 41 persen dari mereka tidak ingin berlangganan apabila tayangan sepak bola tidak tersedia di channel TV berlangganan tersebut.

Sebuah survei yang melibatkan 800 orang juga diadakan untuk lebih memahami dampak positif LaLiga bagi masyarakat Spanyol melalui sepak bola. Sebanyak 79 persen responden merasakan sepak bola profesional di Spanyol membawa dampak positif untuk hubungan sosial dan hampir 70 persen menganggap bahwa sepak bola membawa efek menguntungkan bagi hubungan mereka dengan keluarganya. Menurut laporan tersebut, sepak bola profesional mempromosikan nilai-nilai yang terdapat dalam masyarakat Spanyol, seperti tanggung jawab, pembinaan, integritas, persahabatan, rasa hormat, dan sportivitas. Selain itu, 78 persen responden meyakini sepak bola profesional Spanyol memiliki dampak positif untuk reputasi negara Spanyol, mengungguli cabang olahraga lain seperti tenis dan basket. 

www.swa.co.od

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)