Ekonomi Indonesia Diprediksi Membaik di 2017

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2017 diprediksi akan membaik. Dibandingkankan dengan negara lain yang banyak melakukan ekspor barang mentah, Indonesia diperkirakan bisa tumbuh di angka 5,3%. Statemen positif tersebut tentu saja ditengarai oleh beberapa faktor, di antaranya prediksi membaiknya kondisi daya beli masyarakat di tahun 2017. Selain itu, pencanangan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah juga menjadi salah satu penyebab kenaikan kondisi ekonomi Indonesia.

citi

Helmi Arman, Ekonom dari Citibank Indonesia, menyatakan, maraknya pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah akan menimbulkan pengaruh positif terhadap anggaran belanja di sektor swasta. Seperti yang diketahui, pada tahun 2017, sektor swasta lebih memilih untuk menahan anggaran belanjanya.

"Adanya langkah langkah yang diberikan Pemerintah otomatis akan meningkatkan daya beli sektor swasta. Wilayah yang paling terlihat bagus dampaknya mungkin ada di daerah yang memiliki banyak pusat manufaktur seperti di wilayah Jawa," ujarnya.

Helmi juga memprediksi penyerapan tenaga kerja juga akan banyak terjadi di sektor informal. Akibatnya, akan terjadi penurunan pengangguran di 2017.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)